KONI Kendal Segera Daftarkan Pengurus dan Atlet di BPJS Ketenagakerjaan

BOSTHOMSON,KENDAL – Komite Olahraga NasionaI Indonesia (KONI) Kabupaten Kendal menjalin kerjasama dengan BPJS, yang tertuang dalam acara penandatanganan kerjasama (PKS) antara BPJS dengan KONI Kabupaten Kendal di salah satu rumah makan di Kendal,  Rabu (17/11/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala BPJS Cabang Pemuda Semarang, Teguh Wiyono beserta jajaran, Kepala BPJS Cabang Kendal, Suriyadi juga beserta jajajaran, Ketua Umum KONI Kabupaten Kendal, Subur Isnadi beserta jajaran pengurus dan juga dihadiri 47 perwakilan cabang olahraga di bawah naungan KONI Kendal.

Kepala BPJS Cabang Pemuda Semarang, Teguh Wiyono dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan memberi jaminan keselamatan kerja untuk Pengurus KONI, para atlet dan ofisial cabang olahraga di Kabupaten Kendal yang akan berkiprah pada even atau kejuaran-kejuaran.

“Hal ini bertujuan agar para atlet bisa fokus bertanding karena tidak merasa khawatir, jika mengalami cedera selama mengikuti pertandingan,” terangnya.

BPJS Ketenagakerjaan menilai profesi atlet perlu diberi jaminan sosial karena berbagai risiko yang bisa menimpa para atlet cukup besar dan dengan adanya perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

BPJS serahkan cinderamata kepada KONI Kabupaten Kendal
BPJS serahkan cinderamata kepada KONI Kabupaten Kendal

Ketua KONI Kabupaten Kendal, Subur Isnadi mengatakan, kerjasama yang dilakukan bersama BPJS dalam bentuk pemberian asuransi kesehatan dan kematian bagi para pengurus, ofisial dan atlet.

“Asuransi khusus atlet diberikan karena para atlet sangat rentan mengalami cedera parah baik saat latihan maupun bertanding,” ungkapnya.

Subur menambahkan, berbeda dengan warga masyarakat lain, atlet akan berjuang demi daerah, maka kesehatan dan keamanannya pun seharusnya ditanggung daerah.

“Kita mengharapkan dengan kerjasama ini nantinya BPJS Kesehatan juga tentu saja harus memahami dan bekerja cepat dan profesional dalam penanganan kesehatan bagi kalangan olahragawan,” tandas Subur.

Sementara itu, Kepala BPJS Cabang Kendal, Suriyadi berharap, para atlet dan oficial dapat fokus mempersiapkan diri dengan latihan intensif dan dapat memberikan prestasi yang membanggakan.

Pengurus KONI dan perwakilan dari 47 cabor
Pengurus KONI dan perwakilan dari 47 cabor

Dengan adanya jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, atlet tidak ragu lagi dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi sebuah pertandingan karena jika sampai mengalami cedera bakal ada yang menjamin karena dikategorikan sebagai kecelakaan kerja.

‘Selain itu, lanjut dia, atlet yang mengalami cedera dan bahkan tak bisa pulih sehingga mundur menjadi atlet juga akan disiapkan jaminan,” tambahnya.

Suriyadi juga berharap para atlet Kabupaten Kendal bisa menghasilkan capaian yang optimal. Sehingga dapat memberikan prestasi yang membanggakan.

“Semua pekerja berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, termasuk atlet olahraga yang notabene sebagian besarnya memiliki risiko saat bertanding ataupun latihan,” pungkasnya. (HS).