Kodim 0715/Kendal Latih Pramuka Saka Wira Kartika Dalam Hadapi Bencana Alam

BOSTHOMSON, KENDAL – Kodim 0715/Kendal mengelar latihan penanggulangan bencana kepada anggota Pramuka Saka Wira Kartika di kawasan Pantai Indah Kemangi, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Kasdim 0715/Kendal Mayor Inf Sukamto, yang hadir mewakili Komandan Kodim 0715/Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto.

Menurut Kasdim O715/Kendal latihan ni digelar untuk menciptakan sikap kesiapsiagaan terhadap bencana alam terutama yang terjadi saat muaim penghujan tiba.

“Kabupaten Kendal ini termasuk daerah rawan bencana alam utamanya banjir. Jadi memasuki musim penghujan tahun ini, kita harus waspada dan siaga,” kata Kasdim.

Sukamto menjelaskan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika juga merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial dalam mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

“embinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini untuk membina generasi muda agar menjadi generasi yang tangguh dan tanggap serta terhindar dari hal-hal negatif sehingga mampu menjadi patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Sukamto.

Lebih lanjut Sukamto menjelaskan dalam kegiatan kali ini, peserta akan dibekali dengan 5 materi Krida antara lain, Krida Navigasi Darat, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

“Materi yang akan diberikan dan dilatihkan ini tujuannya untuk membentuk generasi muda yang tangguh, kreatif, berkarakter dan berwawasan kebangsaan,” paparnya.

Selain itu, setiap siswa siswi diminta dapat meningkatkan keterampilan kepramukaan serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban Bela Negara, maupun kepedulian terhadap fasilitas umum, dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

Latihan ini rutin dilaksanakan sebagai bagian dari wujud nyata kepedulian Kodim 0715/Kendal melalui Pramuka Saka Wira Kartika dalam membina generasi muda. (Win).