Ketua DPRD Kendal Dorong BUMD Kelola Arsip Secara Digital

BOSTHOMSON, KENDAL – Pengelolaan arsip secara digital menjadi tuntutan bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah diakses dan lebih efisien kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang telah memberlakukan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Di sisi lain, penerapan e-government merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi untuk menciptakan pelayanan publik yang modern sesuai dengan semangat zaman yang serba digital.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Kegiatan Peningkatan Kapasitas Manajemen BUMD dengan tema “Pengelolaan arsip, informasi dan dokumentasi BUMD” yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kendal, belum lama ini.

Di satu sisi dengan arsip digital akan lebih mudah diakses, di sisi lain juga akan menghemat biaya jika dibandingkan dengan perawatan arsip secara fisik.

“Pemkab Kendal dan seluruh jajaran pendukungnya, termasuk BUMD, perlu bergerak ke arah sana. E-government hari ini sudah menjadi keharusan untuk memberikan pelayanan yang lebih efisien dan akuntabel,” terangnya.

Terkait penerapan SPBE di lingkungan Pemkab Kendal, ketua dewan mengapresiasi inisiatif-inisiatif Bupati Kendal yang telah menerapkan e-government, melalui layanan Dico Mendengar, tanggap kebencanaan, hingga layanan kependudukan secara online.

Pekerjaan Rumah selanjutnya, tegas Makmun, bagaimana program kepala daerah tersebut ditindaklanjuti secara professional oleh jajaran pemerintahannya hingga ke tingkat yang paling bawah.

“Kalau sudah menerapkan layanan secara online, SDM juga harus disiapkan untuk dapat merespon secara cepat. Kemudian, layanan-layanan yang masih berkaitan, dapat dikoneksikan, agar tidak tumpang tindih, dan tidak membingungkan. Selain sistem, infrastruktur jaringan, SDM juga harus mendukung,” pungkasnya. (Hans).