Bupati Kendal Dico M. Ganinduto pada Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA. 2020, Selasa (18/5/2021).

Kabupaten Kendal Terima WTP Ke-5

BOSTHOMSON – Pemerintah Kabupaten Kendal menerima gelar Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA. 2020, Selasa (18/5/2021).

Pemberian LHP diberikan langsung di Gedung BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Empat daerah penerima LHP tersebut  diantaranya Kabupaten Kendal, Kota Surakarta, Kabupaten Banjarnegara dan Kota Magelang.

Ayub Amali Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah menyampaikan, yang menjadi perhatian untuk setiap daerah adalah permasalahan aset tanah termasuk beberapa dokumen pelengkap.

“Jawa Tengah ini rata-rata berada diatas untuk nilai standar persentase penilaian tindak lanjut, kalau Nasional biasanya berada di angka 76% sedangkan Jawa Tengah kebanyakan 80% keatas,” jelas Ayub Amali.

Adapun belanja modal memiliki nilai yang sangat besar dengan kisaran 1 triliun dalam waktu satu tahun, Ayub Amali mengingatkan kepada Kepala Daerah untuk melakukan pendataan sekaligus pemeriksaan. Hal tersebut wajib dilakukan lantaran apabila tidak akan mempengaruhi pada penilaian Opini.

Sementara Bupati Kendal Dico M. Ganinduto yang berkesempatan memberikan sambutan mewakili 4 kepala daerah merasa bangga dengan apresiasi yang didapat oleh Pemerintah Kendal, pihaknya akan lebih meningkatkan sesuai dengan arahan yang diberikan BPK.

“Tentunya ini satu prestasi Pemerintah Kabupaten Kendal, Alhamdulillah mendapatkan WTP yang ke-5. Dari hasil saat ini tentunya kita bersyukur dengan ini membuktikan bahwa pemerintah kita telah akuntabel, namun untuk kedepan kita akan lebih tingkatkan,” ujar Bupati Kendal.

Bupati juga mengatakan Kabupaten Kendal menjadi penyumbang PDRB terbesar ke-8 di Jawa Tengah, berdasarkan PDRB atas Dasar Harga Berlaku Tahun 2020.  Beberapa hasil dari BPK yang telah diberikan oleh Pemerintah Kendal akan segera dilakukan tindak lanjut oleh Bupati.

“Dari BPK disampaikan yang perlu diperbaiki, terutama terkait dengan aset. Kedepannya kita berharap bisa meningkatkan nilai kita,” pungkas Bupati Dico.

Dalam penyerahan Bupati didampingi oleh Sekretaris Daerah Kendal Moh Toha, Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun dan Pimpinan OPD terkait. (Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *