Kabupaten Kendal Terima Penghargaan APE Tingkat Pratama Dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

BOSTHOMSON, KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekhapraya (APE) tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara virtual, Rabu (13/10/2021), dan diterima oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Penghargaan APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada lembaga pemerintah daerah/kota yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kabupaten Kendal, Asrifah mengatakan penghargaan APE yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali tersebut seharusnya diberikan tahun 2020 namun karena adanya Pandemi Covid-19 sehingga baru diberikan tahun 2021.

“Alhamdulillah Kabupaten Kendal menerima penghargaan APE tingkat Pratama, penghargaan ini baru kami terima pertama kalinya. Ini merupakan komitmen untuk bersinergi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah kecamatan,” ujar Asrifah.

Asrifah menjelaskan Pemerintah Kabupaten sangat mendukung program tersebut dengan menyediakan anggaran untuk responsive gender hingga tingkat kecamatan.

“Ini sudah kita kembangkan hingga tingkat desa. Intinya dibidang pembangunan kita peduli dengan hak-hak perempuan dan anak. Mereka akan diikut sertakan misalnya dalam musrenbang biar ada usulan apa yang dibutuhkan perempuan dan anak,” jelasnya.

Asrifah berharap dua tahun kedepan Kabupaten Kendal bisa menerima penghargaan APE kembali dan meningkat menjadi Madya.

“Sekarang kita mendapatkan penghargaan APE tingkat pratama artinya pemula, saya berharap dua tahun lagi bisa meningkat menjadi Madya,” ujar Asrifah.(Win).