Kabupaten Kendal Terima 5.340 Kilogram Beras Bervitamin Guna Penanganan Pencegahan Stunting

BOSTHOMSON, KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal menerima sebanyak 5.340 kilogram beras Fortivit yang disalurkan oleh Perum Bulog yang dikemas dalam Program Unggulan Bulog Peduli Gizi dengan tema “Generasi Sehat Untuk Indonesia Maju” di Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Kamis (6/1/2022).

Hadir pada acara tersebut Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita, Deputi Bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi BKKBN RI, Sukaryono Teguh, Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Moh Toha, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica.

Bupati Kendal dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kendal Moh Toha mengucapkan terima kasih kepada Perum Bulog yang telah memberikan bantuan beras Fortivit untuk diserahkan kepada masyarakat Kabupaten Kendal guna percepatan pencegahan kasus stunting.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Perum Bulog dan BKKBN atas bantuan beras Fortivit yang bervitamin dan berkualitas ini. Bantuan ini akan segera disalurkan secepatnya dan tepat sasaran. Beras ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan menanggulangi stunting yang saat ini telah menjadi isu nasional, provinsi maupun Kabupaten,” kata Bupati Kendal.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan di Kabupaten Kendal masih terdapat puluhan desa stunting dengan jumlah balita stunting mencapai 5117 anak yang tersebar di 60 desa dan kelurahan.

“Sementara untuk Desa Purwosari ini saja ada sebanyak 67 anak stunting dan 22 ibu hamil. Desa Purwosari merupakan desa tertinggi angka stuntingnya, oleh karena itu ada intervensi dan perlakuan khusus di mana bayi atau balita dan ibu hamil diberi makanan tambahan vitamin maupun obat-obatan hingga susu, salah satunya beras Fortivit ini,” jelasnya.

Penyaluran Bantuan Beras Fortivit oleh Perum Bulog dan BKKBN RI kepada Pemkab Kendal di terima Sekda Kendal dan Ketua TP PKK, Kamis (6/1/2022)
Penyaluran Bantuan Beras Fortivit oleh Perum Bulog dan BKKBN RI kepada Pemkab Kendal di terima Sekda Kendal dan Ketua TP PKK, Kamis (6/1/2022)

Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita mengatakan, penyaluran bantuan beras yang mengandung vitamin ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan Perum Bulog dalam mendukung program pemerintah guna percepatan pencegahan stunting.

“Kami Bulog siap mendukung program pemerintah dalam menyiapkan SDM unghul dan mencegah stunting pada anak balita akibat masalah kurang gizi kronis,” ujar Febby.

Menurutnya Program Bulog Peduli Gizi merupakan komitmen nyata Bulog untuk membantu pemerintah dalam menurunkan prevalensi balita bawah garis merah sebagai generasi penerus bangsa.

“Di Desa Purwosari ini kami menyalurkan beras Fortivit untuk 89 Keluarga masing-masing memperoleh 20 kilogram yang diperuntukkan 22 ibu hamil dan 67 balita untuk konsumsi selama 3 bulan,” tuturnya.

Deputi BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, Kabupaten menjadi wilayah prioritas pertama yang diberikan bantuan beras Fortivit guna membantu dalam penanganan pencegahan stunting.

“Beras Fortivit bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu menyusui, karena mengandung vitamin bagi pertumbuhan balita.Di Indonesia, angka stunting saat ini senilai 1 banding 5 di setiap kelahiran anak. Stunting ini pada nantinya dapat mempengaruhi kecerdasan dan tumbuh kembang anak, sehingga perlu diatasi segera mungkin,” katanya.

Selanjutnya bantuan beras Fortivit diserahkan Ketua Tum Penggerak PKK Kendal, Wynne Frederica kepada Pemerintah Desa Purwosari agar segera didistribusikan kepada ibu hamil dan anak-anak.(Win)