Jelang PPKM Level 3 Nataru, ini Pesan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah

BOSTHOMSON, KENDAL – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) menjadi topik pembicaraan pada dialog bersama Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang di gelar di Radio Bos Thomson Kendal, Kamis (03/12/2021) dengan tema “ Jelang PPKM Level 3 Natal dan Tahun Baru”.

Acara yang difasilitasi oleh Kominfo Jawa tengah tersebut menghadirkan tiga narasumber dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, diantaranya Mifta Reza, Anggota Komisi C, Dyah Kartika Permanasari, Anggota Komisi B dan Benny Karnadi, Anggota Komisi D.

Mifta Reza Anggota Komisi C mengatakan, penerapan PPKM Level 3 menjelang libur Nataru merupakan sebuah kebijakan yang harus diambil pemerintah dalam mencegah munculnya gelombang ketiga Covid-19.

“Kebijakan ini dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi lonjakan setelah libur Natal dan Tahun Baru seperti yang terjadi pada tahun lalu. Identiknya setiap libur Hari Raya Idul Fitri maupun Natal dan Tahun Baru ini kan momentum berkumpulnya masyarakat itu kan tinggi sehingga mengakibatkan kerumunan dan langkah ini diambil sebagai antisipasi agar tidak terjadi klaster Covid-19,” ujar Mifta Reza.

Benny Karnadi Anggota Komisi D, menjelaskan meski Covid-19 di Jawa tengah melandai namun PPKM Level 3 tetap diterapkan. Selain berdasarkan siklus lonjakan Covid-19 yang sering terjadi pada libur Hari Raya Idul Fitri maupun Libur Natal dan Tahun Baru, saat ini telah ada varian baru virus Covid-19 yakni Omicron sehingga perlu dilakukan pencegahan dengan meningkatkan status PPKM menjadi PPKM level 3 di semua daerah di Indonesia.

“Pemerintah telah mengambil kebijakan dengan mengeluarkan aturan sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 tentang status peningkatan PPKM level ke level 3. Ini adalah upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19,” Jelasnya.

Sementara itu narasumber lainnya, Dyah Kartika Permanasari, Anggota Komisi B menghimbau kepada masyarakat agar memahami adanya aturan penerapan PPKM Level  3 pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang akan diterapkan mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Desember 2022 mendatang.

“Biasanya kegiatan Nataru apalagi ini bersamaan dengan libur anak sekolah . Jadi saat ini pemerintah membatasi dengan mengeluarkan kebijakan PPKM Level 3 karena Covid-19 itu masih ada bahkan ada varian baru sehingga pemerintah tidak mau kecolongan. Jadi kita harus mematuhi aturan pemerintah. Lebih baik kita menjaga dari  pada bahaya akan dating,” pungkasnya.(Win)