Kegiatan sosialisasi dan verifikasi TKDN, Kamis (3/6/2021)

IKM Kendal Diberikan Sosialisasi Sertifikasi TKDN Agar Bisa Go Intrernasional

Sebanyak 40 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Kendal mengikuti acara sosialisasi dan verifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang diselenggarakan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kendal, Kamis (3/6/2021).

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kendal, Kun Cahyadi meyampaikan pada kesempatan tersebut para pelaku IKM akan diberikan sosialisasi serta fasilitas agar bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang cara memecahkan berbagai problem yang muncul dalam dunia industri.

“Kegiatan ini bersamaan dengan 100 hari kerja Pak Bupati. Sampai hari ini baru pertama kali kita mengadakan acara ini, jadi ini harus dimanfaatkan dengan baik,” ujar Kuncahyadi.

Kuncahyadi menambahkan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan pelaku IKM di Kendal seera memiliki sertifikasi TKDN guna mengembangkan industri dan mendapatkan fasilitas dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

“Memang masih sedikit pelaku IKM di kendal yang mengantongi sertifikasi TKDN, padahal sertifikasi ini berguna agar bisa Go Inernasional. Untuk itulah disini kita akan bedah bareng dengan Tim Survey Indonesia terkait Sertifikasi TKDN,” jelasnya.

Sertifikasi TKDN perlu dimiliki oleh pelaku IKM guna mendukung pelaku IKM lebih kompetitif dan produktif.

Tim Asesor TKDN Indonesia, Hendri Triadi Kuncoro menjelaskan IKM yang telah mendapatkan sertifikat TKDN dari kementerian berhak mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa yang dibiayai oleh APBN dan APBD. Selain itu IKM dalam negeri berhak mendapatkan fasilitas ataupun biaya-biaya yang dikeluarkan oleh negara atau pembiayaan oleh negara melalui lelang proyek jika sudah memiliki sertifikat TKDN.

‘Fungsi utama dari TKDN itu adalah memprioritaskan industri dalam negeri untuk mendapatkan fasilitas dari negara. Pemerintah akan memprioritaskan IKM lokal dan memproteksi produk impor yang masuk di Indonesia.

Hendri berharap, pelaku IKM Kendal bisa memanfaatkan program 9.000 sertifikasi TKDN gratis yang dicanangkan kementerian. Dengan target, lebih dari 100 IKM Kendal nantinya bisa memiliki sertifikat TKDN dalam waktu dekat.

“Sampai Mei kemarin, baru 2.000 kuota yang terserap. Masih ada 7.000 slot gratis lainnya. Targetnya Kendal bisa 100 produk lebih nanti punya TKDN,” jelasnya.

Sementara itu Direktur PT Terryham Proplas Indonesia Syamsunar mengatakan kegiatan ini merupakan pilot projek sosialisasi sertifikasi TKDN yang resmi melalui Pemerintah Daerah.

“kalau ini berhasil IKM di kendal banyak yang bisa memiliki sertifikat TKDN maka industri-industri di Kendal akan lebih kompetitif dan bersaing,”kata Syamsunar.

Syamsunar juga mengungkapkan sebagai salah satunya perusahaan yang mendapatkan sertifikasi TKDN, banyak keuntungan yang didapat dan bisa meningkatkan produktifitas.

” Perusahaan kami sudah mendapatkan lelang di Kementerian PUPR khusus untuk perumahan. Dasarnya ya tadi sertifikasi TKDN yang sudah diatas rata rata ketentuan pemerintah,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *