Harga Telur Anjlok, Koperasi Unggas Sejahtera Kendal Temui Bupati

BOSTHOMSON, KENDAL – Anjloknya harga Telur membuat puluhan Peternak Unggas yang tergabung di Koperasi Unggas Sejahtera Kabupaten Kendal menemui Bupati Kendal untuk melakukan audiensi, Jumat (1/9/2021) di Lapas Pemuda Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal.

Ketua Koperasi Unggas Sejahtera, Suwardi mengatakan selain bertemu dengan bupati pihaknya juga membagikan 2 ribu telur rebus kepada warga binaan Lapas dan masyarakat sekitar.

“Hari ini kami berikan 2 ribu butir kepada warga binaan, untuk meningkatkan imunitas warga binaan dan membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19,” kata Suwardi.

Suwardi mewakili para peternak saat audiensi dengan Bupati menjelaskan adanya PPKM sangat berpengaruh terhadap peternak telur unggas karena tingginya harga pakan yang tidak seimbang dengan harga jual telur.

“Kondisi daya beli yang rendah karena adanya PPKM ditambah harga pakan yang tinggi membuat kondisi kami peternak telur sangat memprihatinkan. Kami mohon pemerintah bisa bekerjasama dengan kami kaitannya bantuan yang berwujud pangan untuk menggunakan telur, atau untuk penurunan stunting juga menggunakan telur,” harap Suwardi.

Selain itu Suwardi yang sekaligus Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Indonesia (Pinsar) Jawa Tengah meminta Bupati untuk bisa membantu memfasilitasi kerjasama dengan daerah lain yang membutuhkan telur karena Kabupaten Kendal merupakan penghasil telur terbaik setelah Blitar.

“Mudah-mudahan Bapak Bupati bisa membantu kami memberikan solusi kepada kami, kami mohon pemerintah menurukan harga pakan agar nanti biaya produksi kami tidak tinggi sehingga kami tidak rugi, hari ini kami masih mencatat kerugian 5 ribu perkilo,” jelasnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto langsung menanggapi keluhan para peternak dengan memerintahkan para ASN untuk melakukan aksi memborong telur untuk membantu para peternak.

“Harga telur sekarang lagi turun dan ini sangat berdampak sekali terhadap para peternak telur karena Kendal ini merupakan produsen telur terbesar setelah Blitar. Kedepan saya akan mengeluarkan surat himbauan kepada ASN untuk melakukan aksi membeli telur agar bisa membantu koperasi unggas,”ujar Bupati.

Selain itu Dico akan membantu para peternak telur untuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar bisa memberikan solusi terbaik dalam waktu dekat.

“Harapannya bisa menjadikan solusi terbaik dalam waktu dekat, dan seluruh Forkopimda dan Kepala Dinas yang hadir pada kesempatan hari ini untuk memborong telur dari Koperasi Unggas agar bisa membantu dan menolong teman-teman yang ada di Koperasi Unggas Kendal,” pungkas Dico.(Win).