Hadapi Pemilu 2024, Ketua DPC PDI Perjuangan Kendal : Kami Butuh Calon yang Berjiwa Petarung

BOSTHOMSON,KENDAL – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, menggelar Pendidikan Politik Musyawarah Anak Cabang (Musancab) PDI Perjuangan Kecamatan di Gedung DPRD Kendal, Sabtu (13/11/2021).

Acara dibuka oleh Wakil Ketua DPD Bidang Politik Hukum dan Keamanan,  Bona Ventura Sulistiana tersebut, dihadiri, <span;>Wakil Ketua DPD Bidang Ideologi dan Organisasi, Joko Purnomo,<span;> Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto, Anggota DPRD Jateng, Dyah Kartika Permanasari atau akrab disapa Tika.

Selain itu juga dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Kendal, Akhmat Suyuti dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kendal, Munawir beserta para anggota dari Fraksi PDI Perjuangan, Pengurus DPC serta para Ketua PAC dan pengurus PAC Gemuh juga Pengurus Ranting se Kecamatan Gemuh.

Wakil Ketua DPD Bidang Politik Hukum dan Keamanan,  Bona Ventura Sulistiana dalam sambutannya berharap,<span;> agar seluruh komponen Partai berupaya semaksimal mungkin agar target menang Pemilu 2024 dapat diwujudkan.

“Intinya, kami berharap kepada pengurus PAC dan Ranting dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengurus secara maksimal, sehingga kedepan ada figur yang bisa didorong untuk Pilkada mendatang. Kita berupaya semaksimal mungkin agar target kita harus bisa memenangkan Pemilu, khususnya Pemilu 2024 yang akan datang,” tandasnya, sebelum membuka acara Musancab PDI Perjuangan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Akhmat Suyuti
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Akhmat Suyuti

Suyuti menjelaskan, Musancab ini merupakan agenda lima tahunan yang harus digelar. Menurutnya di Kendal ini pun pelaksanaan Musancab sudah mundur.

“Musancab ini salah satu mekanisme yang diatur dalam AD/ART PDI Perjuangan, dengan harapan dapat berjalan dengan baik. Dan meski mundur, karena seharusnya di bulan Maret 2021 sudah harus merencanaan. Tapi karena ada Covid-19 ini  pelaksanaannya menjadi mundur. Namun ada kebijakan sebelum Rakernas harus sudah selesai,” ujarnya.

Suyuti menambahkan, setelah pihaknya konsultasi dengan DPD, selanjutnya hari ini mulai dilaksanakan Musancab.

“Hari ini sekaligus pembukaan, barangkali DPD dalam memimpin Musancab di 20 Kecamatan di Kabupaten Kendal ada kendala. Sehingga hari ini DPD memberikan mandat kepada DPC, untuk melanjutkan kegiatan Musancab di 20 kecamatan,” imbuh Suyuti.

Sementara itu untuk target kursi di Pemilu 2024 nanti, DPC PDI Perjuangan tidak memasang target muluk-muluk. Menurut Suyuti yang terpenting memperkuat masing-masing dapil. Sekaligus pemetaan dapil untuk mendaur penambahan kursi.

“Untuk penambahan jumlah kursi kami tidak tinggi-tinggi. Hanya terutama di dapil 6 itu harus tambah satu kursi, kemudian di dapil 4 itu juga tambah satu kursi dan dapil Kaliwungu juga harus tambah satu kursi. Jadi keseluruhan target kita di 2024 berjumlah 13 kursi. <span;>Saya  para calon nanti harus benar-benar mempunyai jiwa petarung dan berani turun kebawah. Selain itu juga harus siap amunisinya,” pungkas Suyuti.

“Kita kan punya tim namanya Komandante yang terdiri dari 26 anggota. Dan tim itu bekerja untuk penambahan jumlah kursi terutama di dapil 2 itu tambah satu kursi, dapil 4 itu juga tambah satu kursi dan dapil 6 juga satu kursi. Jadi keseluruhan target kita di 2024 berjumlah 13 kursi,” paparnya.

Terpisah, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Munawir mengatakan, Musancab ini digelar dalam menghadapi Rakernas di bulan Januari 2022 nanti.

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kendal, dengan banyaknya agenda-agenda lain biar tidak terbengkalai. Sementara untuk meraih suara, PDI Perjuangan Kendal sudah mulai membentuk tim Komandante di bawahnya Bappilu.

“Dalam rangka menghadapi Pileg 2024 nanti dari DPC Kendal sudah membentuk Komandante dengan 26 anggota untuk mendulang perolehan suara. Selain itu biar jangan sampai ada benturan antar caleg,” pungkasnya. (Hans).