Gondang Limbangan, Jadi Percontohan Desa Wisata

BOSTHOMSON, KENDAL – Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau wisata desa percontohan di Desa Gondang Kecamatan Limbangan, Selasa (28/09/2021).

Wisata yang dikunjungi di antaranya wisata kebun alpukat dan camping ground yang baru dirintis yang dijadikan daya tarik baru bagi wisatawan.

Desa Gondang Kecamatan Limbangan dijadikan desa wisata percontohan di Kabupaten Kendal. Desa yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Semarang itu menyajikan paket wisata alam, wisata edukasi dan wisata kuliner. 

Ada lima destinasi wisata yang menarik, yakni Curug Pangleburgongso, Curug Cemara Kembar, Agrowisata Tanam Sayur, Lembah Nirwana dan Kesenian Rakyat.

Kepala Desa Gondang, Yudhi Susanto mengatakan, wisata di Desa Gondang akan dijadikan paket wisata, sehingga pengunjung bisa menikmati wisata alam, wisata edukasi dan kesenian tradisional.

Pengunjung bisa menginap di home stay yang dimiliki warga atau pondok wisata.

“Di sini ada kampung ikan, kampung alpukat dan klaster-klaster wisata di tiap-tiap dusun,” katanya.

Yudhi menjelaskan, kegiatan wisata yang ada di antaranya belajar budidaya jamur, pengolahan jamu, bajak sawah dan tanam padi serta tangkap ikan. Pengunjung juga bisa belajar tari tradisional, gamelan, jelajah desa dan outbond.

“Paket wisata sudah dirintis ini akan terus dikembangkan yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, sektor pariwisata merupakan sektor yang paling menarik untuk dikembangkan, karena banyak melibatkan masyarakat setempat dan meningkatkan UMKM.

“Potensi di Desa Gondang sangat besar, mulai potensi alam, pertanian, perkebunan dan kearifan lokal,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Dico, master plan harus jelas dan dikelola secara maksimal, sehingga cepat menjadi wisata yang berkembang.

“Harapannya dari master plan ini bisa berjalan dengan lancar, nanti dari pemerintah daerah akan support juga supaya menjadi destinasi wisata yang handal di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Lokasi Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, yakni 11 kilometer dari Boja, atau dekat dengan wisata Bandungan Kabupaten Semarang. (Hans).