upati Dan wakil Bupati pada acara ground greaking pembangunan gedung perpustakaan daerah

Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Akan Dibangun Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Kendal

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah tepat di Hari Jadi Kabuaten Kendal yang ke-416 di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, Rabu (28/7/2021).

Hadir pada acara Ground Breaking Bupati Kendal Dico M. Ganinduto beserta Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat, Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, serta beberapa Perwakilan Kepala OPD.

Gedung Layanan Perpustakaan Daerah tersebut dibangun dengan mengusung tema bangunan “ The Light Library “dengan tujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan literasi pemuda Kendal.

Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kendal Achmad Ircham Chalid, mengatakan terdapat penambahan koleksi buku, perpustakaan baru diprediksi dapat menarik minat baca lebih tinggi karena memiliki konsep perpustakaan yang baru.

“Terkait dengan koleksi masih banyak tambahan, terutama kekurangan kita terkait e-book (elektrik buku), masih sangat kurang. Sehingga rencana kita tahun depan, akan menambah koleksi e-book nya. Kalau untuk koleksi buku fisik buku-buku manual, Insya-Allah sudah lumayan, hanya perlu penambahan sedikit,” ungkapnya.

Menurut Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ada penambahan ruang yang bervariasi yang bisa menarik kaum milenial.

“Gedung ini nantinya memiliki beberapa fasilitas, tidak hanya ruang baca namun ada ruang diskusi, ruang audio visual atau mini bioskop yang pastinya ini dapat menarik kalangan muda. Harapannya selesai pada Desember mendatang,”jelasnya.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menjelaskan bahwa dengan adanya design baru bangunan perpustakaan, dapat menarik kalangan muda untuk memanfaatkan dan bisa mengembangkan kemampuan literasi.

“Tema The Light Library tujuannyan nantinya bisa memberikan cahaya bagi masyarakat Kendal agar bisa meningkatkan literasi mereka untuk bisa membaca, belajar dan bekerja lebih baik. Kita berharap disetiap pembangunan-pembangunan di Kendal ada filosofinya, ada sejarahnya,”ungkapnya.

Selain itu pihaknya berharap dengan fasilitas baru perpustakaan yang sedang dibangun bisa meningkatkan minat baca dan mampu menjadi wadah pemuda untuk meningkatkan inovasi, Adapun pembangunan gedung dibuat dengan design menarik, selain dapat menarik minat kalangan muda, juga diharapkan dapat menjadi Ikonik dari Perpustakaan di Jawa Tengah.(Win