Gamacab Unwahas Menggelar Webinar Hari Santri Nasional 2021, “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya”

BOSTHOMSON — Dalam Rangka Refleksi Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Keluarga Mahasiswa Cilacap Banyumas, Alumni Universitas Wahid Hasyim Semarang (Gamacab Unwahas), menggelar Webinar Nasional dengan tema “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya”, Minggu malam (24/10/2021).

Hadir dalam zoom metting, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dapil Banyumas-Cilacap, Sunarna sebagai keynote speaker, dengan Narasumber Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dan Aktivis Muda NU Banyumas, Gus Mabni Rukh dan Ketua Gamacab Unwahas, Amanina Putri Batrisia.

Sedangkan selaku sebagai Moderator, ada Zaenida Izzati selaku Bendahara Gamacab Unwahas dan selaku MC ada Fanelda Revanza selaku Sekretaris Gamacab Unwahas.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri L dalam sambutannya memberi pesan kepada para santri, mahasiswa dan keluarga besar Gamacab Unwahas, dalam peringatan hari santri ini bisa menjadi pelopor dan siap menjadi garda terdepan.

“Siap bertumbuh, berdaya secara potensi dan berkarya sesuai perkembangan zaman. Refleksi Hari Santri Nasional 2021 ini menjadi ikhtiar kita bersama. Dan untuk para santri, mahasiswa, Gamacab Unwahas, harus siap menjadi estafet untuk masa depan negara dan bangsa Indonesia,” ungkap Wabup Banyumas.

Sementara, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dapil Banyumas-Cilacap, Sunarna memberi pesan, bila hidup hanya mengejar dunia dengan sekuat tenaga, maka harus diimbangi dengan mengejar akhirat juga dengan sekuat tenaga.

Menurutnya, santri selain mengaji dan menjaga kitab kuning, juga harus berada di garis terdepan, untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan Kabupaten Banyumas maupun Cilacap, dengan berbagai macam potensi yang ada.

“Saya memberi pesan kepada Gamacab Unwahas, untuk siap mengawal dan siap menjadi pelopor santri dan mahasiswa dalam pembangunan daerahnya. Sukses dan selamat Hari Santri Nasional Indonesia 2021. Santri Siaga Jiwa Raga,” ujar Sunarna.

Terpisah, Penasehat Gamacab Unwahas, Dien Tajul Arifin menjelaskan, maksud dan tujuan digelarnya Webinar Nasional ini untuk menumbuhkan semangat Hari Santri pada Gamacab Unwahas.

“Universitas Wakhid Hasyim adalah perguruan yang berdasarkan kaidah Islam Ahlussunnah Waljama’ah. Sebagai salah satu amanat dari founding fathers, kami ingin menjalin kerjasama yang aktif dan terus dirintis, serta meminta saran dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas maupun Cilacap untuk sinergi membangun kota tercinta,” ungkapya.

Dirinya juga berharap, sebagai alumni dan keluarga besar Gamacab Unwahas harus terjun dalam dunia masyarakat, untuk mendarma baktikan semua kemampuan, jiwa dan raga kepada NKRI.

“Dengan adanya wadah keluarga besar Universitas Wahid Hasyim di Banyumas dan Cilacap ini, kedepan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat, serta bisa bersinergi dengan berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah,” harap Dien. (Hans).