Empat Warganya Positif Covid-19, Kades Kebonagung Ngampel Langsung Lakukan Penyemprotan Disinfektan

BOSTHOMSON, KENDAL – Setelah didapati empat orang positif terpapar Covid-19 dari hasil tes Swab PCR yang dilakukan terhadap 50 orang yang berada di lokasi penggung hiburan memperingati HUT RI ke-76 di Desa Kebonagung Kecamatan Ngampel beberapa hari lalu.

Kepala Desa Kebonagung Widodo, langsung berinisiatif mengambil tindakan cepat guna memutus penyebaran virus Covid-19 didesanya.

Usai menjalani pemeriksaan di Mapolres Kendal, Widodo memberikan intruksi kepada perangkat desa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi panggung hiburan dan rumah warga yang terpapar virus Corona.

Kades Kebonagung menjelaskan langkah tersebut dilakukan usai mengetahui hasil tes Swab PCR yang menyatakab bahwa ada empat warganya yang positif terpapar Covid-19.

“Kami mengambil langkah cepat untuk menyelamatkan warga dengan melalukan penyemprotan disinfektan di lokasi kegiatan Agustusan dan rumah warga yang hasil tesnya positif,” jelasnya Selasa (24/8/2021).

Bahkan menurut Widodo setelah selesai menjalani pemeriksaan dirinya langsung mendatangai warga yang positif dengan memberikan bantuan sembako.

“Sebenarnya hal ini selalu kami lakukan sejak pandemi melanda dan PPKM berlangsung. Untuk urusan keselamatan masyarakat karena pandemi saya total melakukanya, dan warga kami memang senang dengan panggung hiburan jika tidak ada pandemi saya yakin tiap kampung menggelar acara tersebut apalagi peringatan kemerdekaan, terkait acara kemarin terus terang tidak ada ijin ke saya bahkan kecamatan apalagi Polsek,”ungkap Widodo.

Namun sebagai kepala desa Widodo akan mempertanggungjawabkan kejadian tersebut termasuk menjalani tahapan pemeriksaan oleh pihak kepolisian.

“Saya akan bertanggung jawab, saya mengerti karakter warga saya. Tahapan pemeriksaan akan saya ikuti namun saya yakin akan ada fakta-fakta lain yang meringanka saya, karena video itu tidak mulai dari awal atau sepotong sepotong,” lanjutnya.

Wdodo menuturkan ada miskomunikasi antara dirinya dengan petugas satgas Covid 19. Dirinya mengaku emosi ketika akan di bawa ke Kantor Polisi, sementara kegiatan tersebut bukan tanggungjawabnya.

“Justru saat acara mau mulai saya baru sampai rumah dari kegiatan diluar. Warga datang kerumah dan meminta untuk ke lokasi kegiatan,” kata Kades Kebonagung.

Sementara itu Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Kendal Bahurekso Abdul Malik Selasa (24/9/2021) mengatakan akan mengawal anggotanya dan akan mendampingi hingga selesai.

“Ini menjadi pelajaran kita semua, sebagai ketua saya akan mendampingi anggota saya dan tentu keputusan yang baik yang kami harapkan,”ujar Malik.(Win)