Dua Wisata Di Kendal Dapat Penghargaan ADWI

BOSTHOMSON, KENDAL – Setelah bersaing
dengan 1831 desa wisata di seluruh Indonesia, dalam ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dua Desa Wisata di Kabupaten Kendal lolos ke 300 besar.

Dua desa wisata tersebut adalah Desa Wisata Gondang di Kecamatan Limbangan dan Desa Wisata Bendosari di Kecamatan Plantungan. Kedua desa wisata tersebut berhasil lolos ke 300 besar setelah melewati serangkaian tahap kurasi. Dan berdasarkan penilaian dari dewan kurator terhadap 7 kategori penilaian, klasifikasi dan kelengkapan data.

Bupati Kendal Dico Ganinduto mengatakan hal tersebut merupakan moment kebangkitan pariwisata di Kabupaten Kendal setelah lesunya sektor pariwisata akibat diberlakukannya PPKM sejak awal Juli 2021.

“Ini adalah moment yang baik bagi pariwisata di Kendal, dan harus mejadikan kita lebih bersemangat, khususnya kepada seluruh pelaku pariwisata, UMKM, pekerja seni, pelaku budaya dan ekonomi kreatif untuk bangkit dan meningkatkan kapasitas diri agar lebih kreatif dengan memanfaatkan gawai digital sebagai
media promosi, agar dapat dikenal masyarakat lebih luas,” tuturnya Kamis (19/08/2020).

Bupati Dico juga berharap, agar kedepannya akan lebih banyak lagi penghargaan yang mampu diterima oleh Kabupaten Kendal dalam sektor apapun. Terkait pengembagan pariwisata, dirinya juga menyebut bahwa sektor pariwisata menjadi fokus utama di masa kepemimpinannya.

“Sebagai langkah percepatan pembangunan pariwisata di Kabupaten Kendal kami tengah menyusun Rencana Induk Kepariwisataan Kabupaten (RIPPARKAB) yang akan menjadi peta jalan bagi pembangunan pariwisata di Kendal. Selain itu, juga fokus pada pengembangan konsep pariwisata berbasis olahraga (Sport Tourism),” ujar Bupati Kendal.

Menurut Dico, Hal ini karena antusiasme masyarakat yang gemar berolahraga di masa pendemi sangatlah tinggi, sehingga harus bisa dimanfaatkan dengan menyingkronkan aktivitas berolahraga dan berwisata.

Sementara itu, Pengelola Desa Wisata Bendosari, Jaka Setyawan mengaku bahwa perjuangan belum berhenti, karena dalam ajang ADWI masih ada tahapan selanjutnya.

“Kami akan terus berjuang, dalam mengikuti tahapan berikutnya. Tentunya kami sangat bersyukur bisa menjadi salah satu wakil Kabupaten Kendal dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia, dan berharap akan lolos pada seleksi selanjutnya di 50 besar hingga final,” ujarya.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *