Bupati dan Wakil Bupati di acara peletakan batu pertama pembangunan Pasar Sementara Weleri I, Senin (7/6/2021).

Dua Bulan Lagi, Pasar Sementara Weleri I Di Terminal Bahurekso Selesai Dibangun

BOSTHOMSON – Pembangunan Pasar Sementara Weleri I yang berlokasi di Terminal Bahurekso, Desa Jenarsari Kecamatan Gemuh yang semula ditargetkan akan selesai dalam waktu tiga bulan kini dipercepat menjadi dua bulan.

Hal ini dilakukan atas permintaan Bupati Kendal Dico M Ganinduto kepada PLT Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal Alfebian Yulando saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Pasar Sementara Weleri I, Senin (7/6/2021).

Bupati Kendal mengatakan diputuskannya agar dilakukan percepatan pembangunan guna menumbuhkan kembali stabilitas roda perekonomian yang ada di wilayah weleri.

“Karena ini sudah cukup lama, jadi saya minta untuk direvisi dua bulan harus selesai. Kemarin memang banyak proses yang kita lewatkan. Dan kita akan terus memantau prosesnya agar dalam waktu dua bulan maksimal sudah bisa selesai,” ungkap Bupati Dico.

Dico menjelaskan terkait pembangunan pasar induk, pihaknya telah berupaya untuk menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat dan direncanakan bahwa pembangunan akan diupayakan mulai pada tahun 2022.

“Saya sudah ke Kementrian Perdagangan karena ini memakan biaya sampai Rp 90 Milyar, jadi harus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk bisa di lakukan pembangunan di tahun 2022. Saya berharap dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat nanti nya pasar induk ini akan bisa kita bangun dalam waktu kurang dari satu tahun,”jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Alfebian Yulando mengatakan terdapat ada 2.200 pedagang yang nantinya akan dipindahkan ke terminal bahurekso Kendal. Pihaknya siap untuk menyelesaikan pembangunan pasar sementara dalam waktu dua bulan sesuai permintaan Bupati.

“Insyaallah siap. Seluruh pedagang di Pasar Weleri I dan pedagang sayur akan dipindahkan kesini nantinya,”ujar Alfebian.

Selain acara peletakan batu pertama pembangunan pasar sementara, sekaligus juga dilakukan peresmian Pos Ukur Ulang dalam Rangka menuju Kendal Daerah Tertib Ukur.(Win)