Rapat Paripurna dengan agenda Hari Jadi ke-416 Kabupaten Kendal

DPRD Kendal Gelar Rapat paripurna Istimewa Peringati Hari Jadi Kendal Ke-416

BOSTHOMSON, KENDAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Hari Jadi ke-416 Kabupaten Kendal dilaksanakan di Ruang Paripurna, Selasa (27/7/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun beserta para Wakil Ketua dan beberapa anggota DPRD Kendal. Selain itu juga diikuti Forkopimda Kendal, OPD Kendal, BUMN, BUMD, Forkopimcam dan masyarakat Kabupaten Kendal secara Daring.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, pada Hari Jadi ke-416 Kabupaten Kendal tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya wabah Covid-19 yang belum usai sehingga dalam menjalankan tatanan norma baru ada pembatasan kegiatan termasuk dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal.

“Kami segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kendal mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Kendal ke- 416 Tahun 2021, dengan meneladani semangat para pendiri Kabupaten Kendal, jadikan hari bersejarah ini sebagai momentum untuk bekerja lebih giat lagi untuk membangun Kabupaten Kendal tercinta,” ujar Ketua DPRD Kendal.

Hari Jadi Kabupaten Kendal ditetapkan melalui Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Kendal Nomor 20 Tahun 2006, tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Kendal (Lembaran Daerah no 20 Tahun 2006 Seri E nomor 15).

Penetapan hari jadi Kabupaten Kendal adalah waktu pengangkatan Tumenggung Bahurekso sebagai Bupati Kendal, yang bertepatan pada 12 Rabbiul Awal 1014 H, Kamis Legi malam Jumat atau 28 Juli 1605 Masehi.

Bupati Kendal dalam sambutannya mengatakan, tanggal 28 Juli 2021 besok menjadi hal istimewa bagi seluruh masyarakat, karena besok adalah hari jadi Kabupaten Kendal.

Hari jadi kabupaten tahun 2021 ini dengan mengambil tema “Selalu Ada Kemenangan Dibalik Perjuangan, Kendal Lebih Baik.”

Dico menambahkan, jika sebelumnya setiap momentum hari jadi diisi dengan berbagai kegiatan, seperti upacara, karnaval sampai pasar rakyat, namun karena dimasa pandemi cukup dengan kegiatan pengajian secara virtual.

“Dalam situasi keprihatinan Pandemi Covid-19, sidang paripurna peringatan Hari jadi dilakukan secara virtual ditempat masing-masing. Halini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19,” kata Bupati.

Dico berharap pengabdian dan hasil karya para tokoh, pimpinan dan pejuang Kendal terdahulu bisa menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi generasi penerus untuk melanjutkan cita-citaluhur pendiri Kabupaten Kendal.

“Besok hari Rabu Kliwon tanggal 28 Juli 2021, sangat penting sekali bagi masyarakat Kendal, kita akan memperingati Hari jadi Kabupaten Kendal yang ke-416. Tetapi peringatan tahun ini sedikit berbeda karena pandemi Covid-19. Tidak ada upacara dan di ganti acara pengajian, sekaligus doa bersama secara virtual agar pandemi segera berakhir dari Kabupaten tercinta ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan rasa bangga karena Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal selama satu tahun ini telah mendapatkan beberapa penghargaan baik ditingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, dirinya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi-prestasi yang telah diraih dan membawa nama harum Kabupaten Kendal,” Ujar Dico.

Terakhir Bupati mengajak masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan terutama memakai masker. Dirinya meminta maaf atas kebijakan pemerintah dalam menerapkan PPKM Level 4, yang berdampak pada sebagian masyarakat.

“Saya meminta warga Kendal memahami adanya PPKM Level 4. Karena salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan menurunkan mobilitas,”pungkasnya.(Win)