Dishub Kendal mulai memberlakukan zero penumpang di semua kapal yang hendak berlayar atau datang ke pelabuhan Kendal, termasuk KMP Kalibodri

Dishub Kendal Berlakukan Zero Penumpang Di Pelabuhan

KENDAL – Menindaklanjuti Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kendal mulai memberlakukan zero penumpang di semua kapal yang hendak berlayar atau datang ke pelabuhan Kendal, termasuk KMP Kalibodri tujuan Kendal-Kumai Kalimantan Tengah atau sebaliknya selama larangan mudik lebaran 2021.

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andy Rahmat Yuliyanto kepada Awak Media, Senin (26/04/2021). Ia mengatakan, KMP Kalibodri yang dinonaktifkan hingga akhir April akan kembali berlayar pada 1 Mei menuju Kumai Kalimantan Tengah tanpa membawa satu penumpang pun kecuali awak kapal.

“Kita sudah berlakukan zero penumpang sejak kemarin saat kapal Kalibodri datang Minggu sore. Setelah ini kapal off sampai nanti 1 Mei baru berangkat lagi,” ujarnya.

Andy juga mengatkan sejumlah petugas Dishub bersama KSOP hingga TNI AL akan disiagakan untuk mengecek dan mengawasi setiap keberangkatan dan kedatangan kapal.  Petugas akan menolak penumpang siapa saja yang nekat menaiki kapal sepanjang larang mudik berlangsung.

“Kalau ada penumpang yang nekat, kita tolak. Pemeriksaan ketat melewati dua kali skrining,” kata Agus.

Andy menegaskan, selama larangan mudik hingga 17 Mei mendatang, operasional kapal di pelabuhan Kendal tertutup bagi penumpang umum. KMP Kalobodri yang biasanya mengangkut barang dan penumpang hingga 390 orang, selama ada larangan mudik hanya diperkenankan membawa barang (logostik), tenaga medis dan obat-obatan dari Kendal menuju Kumai dan sebaliknya.

Sedangkan penumpang umum baru boleh menaiki kapal setelah larangan mudik berakhir. Dengan ketentuan, penumpang umum wajib menyertakan hasil tes PCR Covid-19, dan penumpang dari sopir truk atau kernet melampirkan hasil rapid tes antigen.

“Penumpang dibolehkan lagi setelah larangan mudik sudah selesai. Dengan ketentuan membawa hasil tes PCR Covid-19 dan rapid tes antigen

Kebijakan zero penumpang ini berlangsung hingga pemerintah mencabut larang mudik pasca lebaran Idulfitri nanti.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *