Dikukuhkan, Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kendal Komitmen Wujudkan Desa Bebas Sampah Plastik

BOSTHOMSON, KENDAL – Bupati Kendal Dico M Ganinduto menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kabupaten Kendal masa bakti tahun 2021 – 2024, dilaksanakan di Pendopo Tumenggeng Bahurekso Kendal Selasa (14/9/2021).

Adapun susunan pengurus inti paguyuban, Ketua Umum Abdul Malik, Sekretaris Umum Siti Mudrikah dan Bendahara Umum Rusmanto.

Ketua Umum Paguyuban Kepala Desa Bahurekso yang baru dikukuhkan, Abdul Malik dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh kepala desa. Dirinya mengatakan paguyuban ini merupakan penyatuan dari 266 kepala desa di Kabupaten Kendal.

“Untuk itu perlu adanya wadah untuk komunikasi dan koordinasi agar semuanya sejalan dengan program dari Pemerintah Kabupaten Kendal. Dan kami 266 kepala desa bersatu untuk bisa mendukung visi misi Pak Bupati dan Pak Wakil,” ujarnya.

Abdul Malik menegaskan pengurus Paguyuban Kepala Desa Bahurekso mempunya visi misi diantaranya terkait penanganan sampah plastik.

“Kami semua kades di Kabupaten Kendal bertekad mensosialisasikan kampanye sampah dan menjaga lingkungan. Saya mengharapkandukungan dan arahan Bapak Bupati agar kami bisa mewujudkan apa yang menjadi visi misi kami, kami yakin jika 266 kepala desa saling guyub rukun maka akan tercipta kendal yang handal,” kata Malik.

Bupati Kendal berharap pengurus paguyuban kepala desa yang dikukuhkan ini bisa menyerap aspirasi masyarakat dan bekerja dengan baik, dan bersama-sama mewujudkan visi dan misi Kabupaten Kendal.

“Kepada pengurus yang dikukuhkan selamat bertugas semoga amanah, selalu guyub rukun serta menjaga kekompakan untuk kepentingan bersama agar mewujudkan Kabupaten Kendal lebih baik lagi,” ujar Bupati Kendal.

Paguyuban ini adalah wadah agar bisa lebih baik lagi dalam mengabdi kepada masyarakat dan semoga apa yang diharapkan bisa terwujud,” kata Bupati.

Karena kepala desa merupakan ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, Bupati berharap para kepala desa bisa bersinergi dengan pemerintah terutama dalam menangani masalah sampah plastik.

“Jumlah presentase sampah plastik di Kabupaten Kendal itu masih tinggi sekali, Ketika kepala desa bisa mengajak warganya untuk mengurangi sampah plastik secara tidak langsung ini bisa menjadi solusi penanganan sampah di Kabupaten Kendal,” ujar Dico.

Acara pengukuhan diisi dengan pembacaan komitmen pengurus baru sekaligus penandatanganan secara simbolis komitmen oleh Bupati Kendal dengan perwakilan pengurus serta penanaman pohon di Alun – alun Kendal.(Win).