Desa Truko Beri Kemudahan Warganya Dalam Pelayanan Adminduk melalui PAK KADES MANTAB

BOSTHOMSON, KENDAL – Pemerintah Desa Truko Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal, kini memberikan kemudahan bagi warganya dalam mengurus Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Surat Pindah maupun Surat Kematian melalui program Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa Mudah Amanah Tanpa Biaya (PAK KADES MANTAB).

Seperti yang terlihat saat tim bosthomsonkendal menyambangi Balai Desa Truko, Jumat (24/12/2021). Salah seorang warga Dukuh Polaman RT 2 RW 5 Desa Truko, Annisa (25) terlihat gembira, ketika menerima KK dan Akta di Aula Balai Desa Truko, Jumat (24/12/2021).

Annisa mengaku senang dengan adanya program PaK KADES MANTAB yang mempermudah dirinya dalam pengurusan KK maupun Akta Kelahiran.

“Alhamdulillah KK dan Akta Kelahiran yang saya urus di balai desa sudah jadi. Saya tadi diberitahu Pak Carik kalau sudah jadi makanya langsung saya ambil. Sekarang kalau membuat KK atau Akta Kelahiran lebih mudah, cepat dan gratis,” ujar Anisa.

Kepala Desa Truko, Nurmukhton mengatakan Desa Truko merupakan desa keempat yang bekerjasama dengan Dispendukcapil dalam menerapkan program PAK KADES MANTAB. Dirinya mengungkapkan dengan adanya layanan ini masyarakat di Desa Truko menjadi terbantu dalam pembuatan dokumen adminduk.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dispendukcapil dan Kecamatan Kangkung yang telah memberi wewenang kepada Desa Truko untuk mencetak KK dan Akta bagi warga secara mandiri,” kata Kades Truko.

Menurut Nurmukhton, warga yang akan mengurus surat-surat cukup membawa berkas persyaratan ke Balai Desa Truko, selanjutnya berkas tersebut akan di scan dan di upload di aplikasi (Pelayanan Aplikasi Dalam Genggaman) PAK DALMAN.

“Setelah persayaratan sesuai, Dispendukcapil akan melakukan pengesahan selanjutnya di kirim ke desa melalui email maksimal 3 hari. Nah setelah email kami terima, kami akan mencetak dokumen tersebut dan langsung mengantarnya kerumah warga,” jelasnya.

Sekertaris Desa Truko sedang menunjukkan hasil cetak KK dan Akta Kelahiran
Sekertaris Desa Truko sedang menunjukkan hasil cetak KK dan Akta Kelahiran

Sementara itu Camat Kangkung melalui Kasi Pelayanan Umum Heny Anggraini menjelaskan ada dua desa di Kecamatan Kangkung yang telah bekerjasama dengan Dispendukcapil dalam program PAK KADES MANTAB, yakni Desa Truko dan Desa Rejosari.

“Pada program Pak Kades Mantab ini, semua proses mulai dari pendaftaran dan mencetak dokumen adminduk seperti KK, Surat Pindah, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian dapat dilayani oleh petugas desa, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Dispendukcapil atau UPTD Dispendukcapil,” ujar Heny.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dengan adanya program PAK KADES MANTAB ini, bisa memudahkan dalam memberikan pelayanan masyarakat. Sehingga pihak Kecamatan Kangkung mengusulkan agar seluruh desa di Kecamatan Kangkung dapat melaksanakan program tersebut.

“Alhamdulillah dari Dispendukcapil merespon dengan mengadakan rakor yang mengadirkan kepala desa se Kecamatan Kangkung beserta perangkat desa yang menangani adminduk yang nantinya akan dijadikan pilot project program PAK KADES MANTAB,” imbuhnya.

Heny menambahkan selain kesiapan petugas, pihaknya sudah mengarahkan pemerintah desa untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana dalam pelayanan Adminsuk.

“Diantaranya seperti komputer, printer scan, dan jaringan internet untuk digunakan secara khusus dalam memberikan pelayanan adminduk,” pungkasnya. (Win).