Cegah Kerumunan, Tiga Alun-Alun di Kendal Akan Ditutup dan Lampu Dipadamkan Pada Malam Tahun Baru

BOSTHOMSON, KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal akan menutup tiga Alun-alun yang ada di Kabupaten Kendal, yakni, Alun-alun Kendal Kota, Alun-alun Kaliwungu dan Alun-alun Sukorejo pada malam pergantian tahun nanti.

Plt Kepala DLH Kabupaten Kendal, Iwan Muhtadi mengatakan, penutupan alun-alun dilakukan, guna mencegah kerumunan massa di malam pergantian tahun.

Tak sekedar melakukan penutupan, DLH selaku pengelola alun-alun juga akan memadamkan lampu penerangan.

“Ini kami lakukan, sesuai dengan instruksi bapak Bupati Kendal, alun-alun akan ditutup dan dimatikan lampunya selama satu malam,” kata Iwan, Kamis (30/12/2021).

Selain itu menurutnya, penutupan dan pemadaman lampu tiga alun-alun tersebut akan dilakukan DLH Kendal dengan berkoordinasi bersama Camat setempat dan instansi terkait lainnya.

“Kami telah berkoordinasi dengan camat setempat juga dinas atau instansi terkait seperti Satpol-PP selaku penegak Perda, kemudian Dishub terkait penerangan jalan dan Dinas Perdagangan terkait para pedagang yang berada di seputar alun-alun yang akan ditutup,” jelasnya.

Iwan berharap dengan dilakukannya pemadaman dan penutupan tiga alun-alun tersebut bisa mencegah kerumunan massa di malam pergantian tahun yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kluster baru penyebaran virus corona,” tandas Iwan.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pada malam pergantian tahun Pemkab Kendal melarang segala bentuk kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan.

“Ya meski Kendal berada di level satu, kami tidak mengijinkan kegiatan yang bisa mengundang kerumunan pada tahun baru, termasuk segala bentuk hiburan musik ataupun pesta kembang api,” ujar Bupati.

Dijelaskan, Pemkab Kendal melalui Inbup Nomor 19 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Diirinya juga memastikan akan melakukan pemantauan pada malam pergantian tahun.

“Tahun baru tidak ada acara, tahun baru kita akan keliling untuk memastikan tidak ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan,” (Win).