Capaian Vaksinasi di Bandengan 71 Persen, Lansia Masih Banyak Belum Tersentuh

BOSTHOMSON, KENDAL – Meski sudah 71% pencapaian vaksinasi warga di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal, namun menurut Kepala Kelurahan Bandengan, vaksinasi untuk para lansia belum maksimal.

Hal tersebut disampaikan Lurah Bandengan, Sutarjo kepada bosthomsonkendal.com di ruang kerjanya, Jumat (12/11/2021).

“Vaksinasi bagi para lansia di Kelurahan Bandengan ini capaiannya belum sesuai harapan, disebabkan beberapa hal. Seperti hambatan akses transportasi dan alasan sakit serta faktor informasi yang keliru,” terangnya.

Sutarjo berharap kepada seluruh Ketua RT dan RW di Kelurahan Bandengan untuk bisa mensosialisasikan kepada warganya program vaksinasi ini. Khususnya untuk para lansia.

“Saya minta khususnya kepada RT untuk menyadarkan warga, karena itu penting. Setelah itu koordinasikan kepada pihak RW dan Kelurahan, apabila warganya ada yang belum divaksin,” imbuhn Sutarjo.

Dijelaskan, untuk wilayah yang sudah mengikuti vaksin yakni di RW 1 dan RW 2. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya juga akan menggelar vaksinasi di wilayah RW 4.

“Jadi para RT harus bisa meyakinkan kepada warganya, bahwa dalam kegiatan vaksinasi itu ada beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan sampai dengan proses penyuntikan vaksin,” jelas Sutarjo.

Dirinya tidak mau ada warga yang beralasan tidak mau vaksin dengan berbagai alasan. Karena menurut Sutarjo, jika ada yang seperti itu, semestinya pihak RT memberikan pengertian kepada warganya.

“Ya banyak yang karena enggan mengikuti vaksinasi kemudian beralasan sedang sakit, atau juga ada alasan tidak ada yang mengantar karena tempatnya jauh. Ya macam-macamlah,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut pengakuan Hanif, warga RT 04 RW 01 Kelurahan Bandengan, dirinya sudah mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan dan RSUD dr Soewondo.

“Saya sudah mengikuti vaksinasi yang digelar Dinkes dan RSUD waktu awal program vaksinasi dicanangkan. Kebetulan saya dan peserta lain, sebagai ujicoba vaksinasi waktu itu,” ujarnya. (HS).