Bupati Kendal Sambut Atlet Disabilitas Berprestasi

BOSTHOMSON, KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyambut kedatangan Atlet penyandang disabilitas Muhammad Dimas Ubaidillah dan Tiara Hanum Kembang Joyo, yang berprestasi dalam ajang Asian Youth Para Games (AYPG) 2021 yang berlangsung di Manamah, Bahrain 2-6 Desember 2021.

Rombongan Atlet disabilitas yang didampingi keluarga, pihak kecamatan dan desa juga para kerabat, diterima Bupati di ruang Paringgitan Setda Kendal, Jumat (17/12/2021).

Bupati Kendal dalam sambutannya mengapresiasi pencapaian para atlet Paralimpik yang sudah membawa nama harum Kabupaten Kendal. Dirinya mengaku sudah menganggarkan Rp 6 juta di APBD 2022 untuk diberikan kepada Dimas sebagai uang pembinaan.

Bahkan Bupati menyebut, akan menyisihkan gajinya sebagai Bupati selama dua bulan untuk diberikan kepada atlet disabilitas peraih Medali Emas di ajang Internasional tersebut.

“Saya sisihkan gaji saya sebagai Bupati dalam dua bulan ke depan. Insya-Allah jumlahnya mencapai Rp 10 juta, yang akan saya berikan kepada atlet Dimas,” ungkap Bupati.

Dico mengungkapkan, atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Kendal, dirinya mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih untuk Kabupaten Kendal dan Provinsi Jawa Tengah, juga Bangsa dan Negara Indonesia.

“Saya merasa bangga atas prestasi yang telah didedikasikan untuk Kabupaten Kendal. Ini kontribusi nyata kerja keras, dan yang terpenting ini sebagai motivasi kepada para pemuda lainnya, bahwa kita mampu menciptakan dan melahirkan atlet-atlet berprestasi di Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Bupati juga berpesan kepada Disporapar Kabupaten Kendal, untuk terus mengawal dan mengikuti perkembangan para atlet disabilitas yang sebentar lagi akan masuk karantina di Pelatnas.

“Insya-Allah saya akan datang untuk melihat langsung saat kalian bertanding, sekaligus memberikan support, agar kalian lebih semangat dan bisa membawa prestasi yang membanggakan Kabupaten Kendal,” imbuh Bupati.

Sebelumnya Plt Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Ircham Cholid dalam laporannya mengatakan, Muhammad Dimas Ubaidah adalah atlet Paralimpik kelahiran Kendal, 19 April 2003, meraih medali emas di cabang olahraga atletik di 400m putra T11, di Asian Youth Para Games (AYPG) di Bahrain.

“Beberapa prestasi yang pernah diraih Dimas diantaranya, medali emas lari 100 meter putra di Kejurprov 2019, medali emas lari 200 meter juga di Kejurprov 2019, medali emas lari 400 meter di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, serta meraih medali perak di estafet 100 meter di ajang yang sama,” papar Ircham.

Sedangkan untuk Tiara Hanum Kembang Joyo, gadis kelahiran Kendal, 5 Juli 2007 tersebut, meski belum menyumbangkan medali, namun keikutsertaannya di ajang Asian Youth Para Games (AYPG) 2021 di cabang olahraga renang disabilitas juga patut mendapatkan apresiasi.

“Prestasi yang pernah diraih Tiara, yakni medali emas renang 50 meter gaya bebas putri di Kejurprov 2019, medali perak renang 50 meter gaya punggung putri di Peparnas Papua 2021 dan yang terakhir mewakili Indonesia di AYPG 2021 di Bahrain,” imbuh Ircham.

Sementara itu baik Dimas maupun Tiara memberi motivasi kepada rekan-rekan sesama penyandang disabilitas dan juga generasi muda Kabupaten Kendal, untuk bisa memberikan apa yang terbaik bagi daerahnya, bangsa dan negara.

“Buat teman-teman tetap semangat. Karana yang kurang belum tentu lemah dan yang utuh belum tentu bisa,” ungkap Tiara kepada halosemarang.id didampingi orang tuanya. (Hans).