Bupati Kendal Pastikan Stok Oksigen Di RSUD dr Soewondo Kendal Aman

BOSTHOMSON, KENDAL – Ketersediaan oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal dipastikan aman. Hal ini disampaikan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melakukan monitoring ketersediaan oksigen di RSUD dr Soewondo Kendal, Senin (2/8/2021).

Dico menyampaikan meski angka Covid-19 di Kabupaten Kendal sudah menurun, namun pihaknya tetap harus memastikan cadangan oksigen di Kabupaten Kendal masih tersedia dan aman guna mengantisipasi jika terjadi lonjakan Covid-19.

“Saya meninjau RSUD Kendal untuk melihat ketersediaan oksigen karena ini menjadi isu nasional juga. Kondisi di Kendal ini Covidnya sudah melandai sudah menurun, BOR nya juga sudah dibawah 50%, tapi kita harus memastikan cadangan oksigen ini aman,” katanya.

Dico mengatakan cadangan serta suplai oksigen di RSUD dr Soewondo Kendal maupun di rumah sakit lain di Kabupaten Kendal relatif baik, dan bisa digunakan hingga tiga hari kedepan.

“Kita pastikan jangan sampai ada kekurangan karena oksigen sangat penting sekali, memang kendala yang dihadapi yaitu stoknya hanya untuk 2-3 hari tapi kita pastikan tidak sampai habis sudah kita isi lagi,” jelas Dico.

Dico menambahkan kedepannya akan meningkatkan kapasitas oksigen agar aman digunakan untuk kebutuhan yang lebih banyak lagi.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD dr Soewondo Kendal, dr Budi Mulyono mengatakan saat ini kebutuhan oksigen berkisar di angka 1.000 sampai 1.500 meter kubik untuk setiap harinya.

“Pada saat lonjakan Covid kemarin, kebutuhan oksigen dalam sehari sebanyak 2.000 per-hari/meter kubik, tapi sekarang sudah kasus Covid sudah turun kebutuhan oksigennya juga turun,” terangnya.

dr Budi menjelaskan RSUD dr Soewondo memiliki dua jenis oksigen, yakni jenis tabung dan oksigen liquid.

“Liquid itu yang untuk sentral njih, kalau yang tabung itu biasanya untuk IGD atau yang untuk injeksi,” jelasnya. (Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *