Bupati membuka Lomba Pesawat Aeromodeling Di Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel, Minggu (11/04/2021)

Bupati Kembangkan Desa Wisata Aeromodeling Di Sumbersari Ngampel

Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari 9 Kabupaten mengikuti lomba Endurance Glider Fungame Aeromodelling yang merupakan cabang olahraga dengan sarana replika pesawat terbang di Ponpes Al – Ma’wa Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel, Minggu (11/04/2021).

Acara yang diikuti Komunitas Aeromodeling se-Jawa Tengah tersebut dibuka oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto didampingi istrinya Wynne Frederica Dico M. Ganinduto dengan menerbangkan pesawat Aeromodeling.

Bupati Kendal mengatakan bahwa kedatangannya merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mendorong agar Aeromodeling ke depan bisa lebih baik lagi. Salah satunya upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mendorong Aeromodeling adalah telah membuatkan Runway Aeromodelling, Selain itu Bupati Dico juga akan mengembangkan Desa Sumbersari menjadi Desa Wisata Aeromodeling,

“Hal itu dibuktikan bahwa kami sudah membuatkan Runway untuk Aeromodelling di Kabupaten untuk mendukung infrastuktur dan bisa dipakai pada acara ini. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus mendorong dengan berkolaborasi dengan Aeromodelling Kendal dan Provinsi Jawa Tengah untuk memajukannnya, dan juga akan kami kembangakan Desa Wisata agar menjadi Desa Wisata Aeromodeling, tentunya dengan wisata yang terus berkembang ini, saya yakin dan percaya olahraga Aeromodeling akan membawa prestasi, baik ditingkat daerah, provinsi maupun tingkat nasional,” ujar Bupati.

Bupati berharap event-event seperti ini bisa rutin digelar karena lokasi yang strategis, yaitu bisa terlihat dari exit tol, sehingga dapat menjadi destinasi wisata yang menarik dan lebih berkembang lagi.

Plt. Kepala Disporapar Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi mengungkapkan, antusiasme masyarakat dengan adanya lomba penerbangan Aeromodelling ini sangat tinggi, sehingga perlu disempurnakan dan bisa dijadikan media untuk promosi pariwisata di Kabupaten Kendal, Pihaknya juga mendukung penuh pengembangan Desa Sumbersari menjadi Desa Wisata Aeromodeling.

“Antusiasme masyarakat dengan adanya lomba penerbangan Aeromodelling ini sangatlah tinggi, sehingga kita tinggal menyempurnakan saja nantinya dan menjadi media kita untuk promosi pariwisata di Kabupaten Kendal,” ungkap Wahyu Yusuf Ahmadi .

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kendal, Sugiono menyampaikan akan mensupport landasan jalan guna mendukung infrastruktur yang dibutuhkan sebagai landasan Aeromodelling sehingga sesuai dengan yang dibutuhkan Aeromodeling.

“Perlandaskan ini hanya seminggu kita kita kerjakan, Alhamdulilah hari ini dapat terlaksana, dan akan kita sempurnakan lagi sesuai dengan kaedah-kaedah yang ada di Aeromodelling. Ke depan nanti juga kita kembangkan bisa terbang malam dengan ditambah fasilitas lampu dan kain sebagaianya, sehingga bisa melakukan olahraga Aeromodeling pada malam hari yang akan menambah daya tarik para pengunjung,” terang Sugiono.

Pemerintah Kabupaten Kendal sangat mengapresiasi atas inovasi kreatif yang sudah dilakukan oleh para santri dalam memproduksi sendiri Pesawat Aeromodeling.(Win)