Bupati Hadiri Launching SiAP QRIS, Semua Harus Go Digital

BOSTHOMSON, KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama Anggota Komisi XI DPR RI, Alamudin Dimyati Rois menghadiri Launching Pasar Pagi Kaliwungu Sehat, Inovatif, Aman, Pakai Quick Response Code Indonesian Standard (SIAP QRIS) di Pasar Pagi Kaliwungu Kendal, Kamis (25/11/2021).

<span;>QRIS merupakan salah satu project baru dari Bank Indonesia yang saat ini digunakan untuk menstandarkan QR Kode pembayaran digital yang bertujuan mempermudah transaksi dengan pembayaran digital

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengapresiasi serta mendukung program QRIS yang di launching di Pasar Pagi Kaliwungu tersebut.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih, Pasar Pagi Kaliwungu menjadi percontohan. Tentunya ini penting sekali untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya revolusi industri 4.0. Pokoknya semua harus digital karena kalau kita tidak go digital pasti kita pasti ketinggalan jaman,” ujar Bupati.

Dico menjelaskan QRIS bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju.

“Inovasi menurut saya keren. Jadi seharusnya ini bisa diterapkan di seluruh pasar. Ini juga mendorong pedagang, agar bisa menggunakan fasilitas digitalisasi perbankan,” jelas Dico.

Dico berharap kepada para pedagang dan paguyuban pedagang untuk ikut mensosialisasikan sistem pembayaran melalui QRIS ini. Khususnya Dengan mengedukasi manfaat QRIS, karena transaksi menjadi lebih praktis. Sehingga mempermudah para pedagang untuk bertransaksi secara aman.

“Selain itu, dengan menggunakan QRIS, para pedagang nantinya bisa mendapatkan kemudahan manfaat berupa pinjaman dari bank, melalui fitur yang lain,” imbuhnya.

Senada dengan Bupati Kendal, Anggota Komisi XI DPR RI, Alamudin Dimyati Rois juga mengatakan dengan menggunakan QRIS banyak manfaat yang bisa diperoleh terutama bagi para pedagang.

“Pentingnya QRIS adalah aman dalam transaksi perdagangan. Manfaat lainnya adalah bila menggunakan QRIS dan transaksinya bagus maka akan ada program baik juga untuk para pedagang dari Bank ini,” kata Gus Alam.

Sementara itu, menurut pengakuan Mifrohatul Khasanah satu di antara pedagang pakaian di Pasar Pagi Kaliwungu, dengan aplikasi QRIS ini dirinya tidak pusing lagi saat bertransaksi.

Karena cukup dengan meng-klik aplikasi QRIS maka transaksi pembayaran dari pembeli sudah masuk ke rekeningnya.

“Ya mudah dan sangat bermanfaat bagi pedagang seperti kami. Karena kita tidak perlu susah lagi menerima dan menyimpan pembayaran dari pembeli. Semoga semua pembeli kami sudah memakai aplikasi ini,” ungkap Khasanah. (Win).