Buka Kelas Bisnis Industri, SMK Bhakti Persada Kendal Layani Dunia Usaha

BOSTHOMSON, KENDAL – SMK Bhakti Persada  Kendal, membuka Kelas Bisnis Industri, yang nantinya bisa memproduksi berbagai aplikasi, seperti game, animasi tiga dimensi, web dan lainnya, sesuai dengan permintaan dunia usaha saat ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMK Bhakti Persada, Nursiyo, saat acara launching Kelas Bisnis Industri, yang bekerja sama dengan Gamelab dari PT Educa Sisfo Media Indonesia, di aula gedung SMK Bhakti Persada, Selasa (21/12/2021).

“Saat ini sangat penting, mengingat  banyak sekali lulusan SMK yang membutuhkan penyerapan tenaga  kerja ke dunia industri dengan tepat.  Namun tepat saja tidak cukup, tapi juga harus sesuai dengan standar kompetensi pada industri,” terangnya.

Nursiyo mengungkapkan, saat ini, baik dari pihak sekolah maupun industri sama-sama kesulitan menemukan  talenta atau SDM yang tepat, yang sesuai dengan standarnya.

“Oleh karena itu, industri dan sekolah bekerjasama untuk menghasilkan output lulusan SMK yang  bisa terserap dengan baik serta sesuai dengan standar di industri,” jelasnya.

Nursiyo menambahkan, selama ini rata-rata siswa hanya menggunakan atau hanya jadi pelanggan saja.

Namun dengan dibukanya kelas  bisnis ini, maka dirinya berharap para siswa nantinya bisa mengembangkan, bahkan membuat game pendidikan sendiri, yang laku untuk di jual baik di  dunia pendidikan maupun dunia bisnis.

“Sehingga, akan menambah income siswa itu sendiri. Selain itu bisa digunakan game, nantinya siswa juga bisa membuat dan menjual program,” ujar Nursiyo.

Diungkapkan, kedua belah pihak juga melaksanakan sinkronisasi kurikulum sebagai salah satu bagian dari kerjasama, antara SMK Bhakti Persada dengan industri.

“Tujuannya, ingin menggabungkan antara  kurikulum pendidikan dan kurikulum Industri. Sehingga  bisa  berjalan semua. Kelas bisnis industri ini diikuti 20 siswa dalam satu kelas,” ungkap Nursiyo.

Sementara perwakilan dari Gamelab PT Educa Sisfo Media Indonesia, Andi Saputra, yang juga sekaligus sebagai Kepala Kurikulum dan Pengajar memaparkan, dari beberapa program yang akan diberikan kepada para siswa kelas Industri.

‘Diantaranya, pembuatan web, game dan aminasi tiga dimensi dan lain-lain,” papar Andi.

Salah seorang siswa kelas XI jurusan  Teknik Komputer Jaringan, Muhammad Zainudin merasa senang  bisa terpilih masuk di kelas industri.

Dirinya mengaku, selain menyukai permainan game, Zainudin juga  sering mempelajari cara membuat  game online pendidikan.

“Selain menyukai permainan game, saya juga sering mempelajari cara membuat  game online pendidikan,” tukas Zainudin.

Saat ini, SMK Persada Kendal ada lima jurusan. Yakni jurusan Akutansi Keuangan, Farmasi Klinis dan Komunikasi, Manajemen Perkantoran, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik, serta Bisnis Sepeda Motor. (Hans).