Bisa Jadi, Hari ini Pasar Pagi Kaliwungu Bakal Diresmikan Bersama 2 Proyek Lain di Jateng

*Manyusul Kabar Presiden Jokowi Batal ke Kendal

KENDAL – Rencana kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Kendal, hari ini, Kamis (20/5/2021) untuk meresmikan Pasar Pagi Kaliwungu yang pembangunanya berada dibawah Satuan Kerja (Satker) pelaksana pembangunan Kementerian PUPR, dipastikan batal dilakukan. Padahal persiapan matang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal guna menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Persiapan itu juga melibatkan TNI dan Polri.

“Pak Bupati Dico M Ganinduto pimpin langsung berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Kendal untuk meresmikan Pasar Pagi Kaliwungu. Namun informasi yang kami terima barusan dari protokol kepresidenan bahwa Pak Jokowi tidak jadi ke Kendal,” kata Plt Dinas Perdagangan (Disdag) Kendal Alfebian Yulando, saat dikonfirmasi, Rabu (19/5/2021) sore.

Alfebian  mengungkapkan, pada hari yang sama, berdasar informasi dari protokol kepresidenan memang rencananya Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR dan pejabat lainnya akan melakukan peresmian tiga proyek, dua diantarnya adalah proyek pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu, di Kabupaten Kendal dan proyek Bendung Karet Banjir Kanal di Semarang. Karena dengan alasan tertentu dan berbagai pertimbangan sebagaimana diinformasikan oleh protokol kepresidenan bahwa untuk rencana kedatangan Presiden Jokowi ke Kabupaten Kendal dibatalkan.

“Alasan pastinya Pak jokowi tidak jadi ke Kendal, yang tahu protokol kepresidenan. Kami hanya dikasih tahu bahwa bapak presiden tidak jadi ke Kendal. Memang betul, selain Pasar Pagi Kaliwungu, pak presiden juga akan resmikan dua proyek lainya. Pak Jokowi dan Menteri PUPR akan ke Banjir Kanal Semarang. Seperti diinformasikan, bisa jadi Pak Jokowi akan meresmikan Pasar Pagi Kaliwungu dan satu proyek lainya bersamaan dengan peresmian Bendung Karet Banjir Kanal Semarang,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan Setda Kendal Tavip Purnomo mengatakan, rencananya presiden bersama menteri PUPR dan pejabat lainnya akan melaksanakan kunjungan ke Semarang dan Kendal.

“Untuk di Kendal rencananya akan meresmikan Pasar Pagi Kaliwungu Kendal yang selesai dikerjakan Kementerian PUPR,” katanya.

Guna menyambut kedatangan presiden, persiapan peresmian mulai pengamanan dan sarana prasarana lainnya. Pihak Pemkab juga melakukan kordinasi dengan TNI dan Polri serta dinas terkait agar mempersiapkan sarana dan pendukung lainnya.

“Selain itu juga melibatkan Dinas Kesehatan Kendal yang akan melakukan vaksinasi kepada pedagang dan swab PCR,” terang Tavip.

Terpisah, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu, Faisal Mukri mengatakan, akan mengondisikan pedagang untuk tetap buka. Mengingat, berrsamaan dengan rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kendal tersebut sudah menjadi tradisi warga Kaliwungu merayakan lebaran Syawalan sehingga banyak yang tidak berjualan. “Kita mencoba untuk komunikasi dengan pedagang agar tetap bisa buka saat peresmian Pasar Pagi kaliwungu yang bertepatan dengan lebaran Syawalan tersebut,” tukasnya.

Karena masih dalam pandemi Covid-19, maka nantinya ada pembatasan pedagang yang buka sehingga tidak semua pedagang yang diminta untuk membuka kios atau lapaknya. Sehingga, khusus kios yang berada di depan pasar diminta buka termasuk yang akan dilewati presiden.

“Sebelumnya pedagang akan divaksin dan jalani swab PCR selain itu pedagang kaki lima (PKL) yang ada didepan dan samping pasar akan dibersihkan,” ucapnya.(Win/Zhf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *