Bentuk Dukungan Wisata di Kendal, Bank Jateng Bangun Gapura PIK

BOSTHOMSON, KENDAL – Bank Jateng Cabang Kendal memberikan dukungan dalam berbagai aspek untuk mengembangkan Pantai Indah Kemangi (PIK) di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, di Kabupaten Kendal.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, yang dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Bank Jateng ke-58 lalu.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto memberikan apresiasi kepada Bank Jateng yang selalu bersinergi dengan Pemkab Kendal, termasuk dalam memajukan potensi wisata.

“Saya berterima kasih karena Bank Jateng sangat peduli dengan potensi wisata di PIK. Ini adalah salah satu bukti nyata Bank Jateng menjalankan perannya sebagai Bank Pembangunan Daerah,” ungkapnya.

Dirinya berharap langkah semacam ini juga akan memberi inspirasi dan motivasi dari berbagai pihak perbankan yang lain atau pihak swasta untuk melakukan hal yang sama.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto didampingi Kepala Bank Jateng Cabang Kendal, Suko Hariyadi saat meresmikan Gapura Bank Jateng di Pantai Indah Kemangi
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto didampingi Kepala Bank Jateng Cabang Kendal saat meresmikan Gapura Bank Jateng di Pantai Indah Kemangi

Kepala Bank Jateng Cabang Kendal, Suko Hariyadi mengatakan, bentuk dukungan yang sudah diberikan di antaranya adalah bantuan untuk mendirikan gapura sebagai penanda pintu masuk area pantai.

“Selain itu, kita akan menerapkan sistem pembayaran nontunai berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan mengelola Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) bagi para pedagang dan pelaku UMKM di wilayah pantai wisata tersebut,” terangnya, kepada media, Senin (4/10/2021).

Suko memaparkan bahwa pemberlakuan sistem transaksi nontunai berbasis QRIS dapat membantu transaksi, sehingga berjalan secara mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dijelaskan, QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan Bank Indonesia sehingga transaksi lebih efisien.

“Kami berkomitmen untuk selalu hadir diantara para pelaku UMKM, tidak terkecuali para pelaku UMKM yang baru saja merintis usahanya di lokasi wisata Pantai Indah Kemangi agar memiliki akses terhadap perbankan serta memberikan kemudahan dalam bertransaksi,” imbuh Suko.

Terpisah, Kepala Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Dasuki mengaku senang dengan dibangunnya sarana dan prasarana oleh beberapa pihak di Pantai Indah Kemangi ini.

“Sarana dan Prasarana yang telah dibangun antara lain, pembangunan masjid oleh Baznas, jaringan listrik oleh PLN dan pembangunan gapura masuk pantai oleh Bank Jateng,” ungkapnya. (Hans).