Banjir Lumpur Genangi Delapan Rumah di Dusun Pakis Desa Sidomukti

BOSTHOMSON,KENDAL – Banjir bandang kembali menerjang Dusun Pakis, Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri. Hal ini diakibatkan tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Kendal, Senin siang (27/12/2021).

Akibatnya, delapan rumah warga di RT 01 RW 01 dan akses menuju lokasi terendam air bercampur lumpur setinggi 60 sentimeter.

Kaur Perencanaan, Pemerintah Desa Sidomukti, Elisa Catur mengungkapkan, Banjir bandang disertai lumpur terjadi disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur mulai pukul 13.45 WIB.

“Pada pukul 14.22 WIB hujan semakin deras sampai kantor desa kami kebanjiran. Dan pada pukul 14.40 WIB kami mendapat laporan kalau di Dusun Pakis terjadi banjir setinggi pinggang orang dewasa,” ungkapnya.

Kondisi Dusun Pakis RT 01 RW 01 Desa Sidomukti Kecamatan Weleri yang direndam banjir campur lumpur, Senin sore (27/12/2021)
Kondisi Dusun Pakis RT 01 RW 01 Desa Sidomukti Kecamatan Weleri yang direndam banjir campur lumpur, Senin sore (27/12/2021)

Elisa mengaku, banjir bandang, juga pernah terjadi pada Januari 2020 lalu. Saat itu ketinggian 80 sentimeter dan menggenangi sembilan rumah warga.

“Ya dulu pernah lebih parah banjirnya. Sebenarnya sudah ada solusi dari pemerintah, dengan dibangunnya gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir. Tapi itu belum cukup menyelesaikan masalah. Karena hari ini juga masih terjadi banjir,” ujarnya.

Untuk itu Elisa meminta kepada pemerintah dan dinas terkait, untuk bisa menyelesaikan masalah ini. Agar banjir tidak terjadi lagi.

“Ya warga disini meminta kepada pemerintah daerah untuk bisa mengatasi persoalan banjir bandang. Agar setiap tahun tidak terjadi seperti ini,” pungkasnya. (Win).