Bangun IPAL Komunal, PUPR Kabupaten Kendal Ciptakan Metode “Sehat Meni Ra”

BOSTHOMSON, KENDAL – Dinas PUPR Kabupaten Kendal melaksanakan kegiatan pembangunan prasarana dan sarana sanitasi melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) sanitasi berupa pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal.

Tahun 2021 ini sebagai pilot project adalah IPAL Komunal desa Gondang Kec.Limbangan dan desa Kebongembong Kecamatan Pageruyung.

Pada Desa Gondang yang merupakan Desa Wisata dimana IPAL Komunal dipadukan dengan penambahan fasilitas MCK Umum pada lokasi lapangan desa yang merupakan sentra kegiatan desa wisata dan area parkir menuju Curug Panglebur Gongso. Sedangkan pada Desa Kebongembong pada lokasi IPAL Komunal dikembangkan menjadi sentra pengembangan kolam ikan, sehingga diharapkan kedepan lokasi tersebut menjadi lebih asri dan nyaman dan meningkatkan nilai ekonomis masyarakat.

Kepala Dinas PUPR melalui Kepala Bidang Cipta Karya Nurhasyim mengatakan Dinas PUPR Kendal saat ini menciptakan IPAL Komunal Metode Baru “Sehat Meni Ra”, yang diberikan kepada delapan desa penerima manfaat pada tahun 2021.

“Sehat Meni Ra”, ini merupakan logat khas kendal dan singkatan dari kalimat Semangat, Hati-Hati Dan Tawakal Dalam Mengelola Sanitasi Berbasis Masyarakat,” kata Nurhasyim.

Menurut Nurhasyim metode ini merupakan inovasi untuk pengelolaan IPAL komunal yang dipadukan dengan potensi desa setempat.

“Multi manfaat selain manfaat utamanya sebagai akses sanitasi layak juga mendukung kelestarian lingkungan, indah secara estetika dan mempunyai nilai tambah ekonomis,” tuturnya.

Nurhasyim berharap dengan metode ini, masyarakat mampu menggali potensi desanya sehingga bisa mandiri untuk keberlanjutan dalam operasi dan pemeliharaan sanitasi, mampu pula untuk mengembangkan akses sanitasi layak secara mandiri.

Inovasi “Sehat Meni Ra” yang digagas oleh Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Kendal sudah dilaksanakan kepada para pengelola KPP pada tanggal 8 -9 Oktober 2021 lalu.

Selain DPUPR Kabupaten Kendal juga telah melaksanakan pelatihan sekaligus pengenalan Inovasi “Sehat Meni Ra” kepada KSM atau KPP delapan desa dengan melakukan Studi Belajar pada KSM Tirto Mili,Jongkang Jogjakarta yang langsung dipimpin oleh Kepala DPUPR.

Pada saat study belajar tersebut Prasetyastuti Puspowardoyo Direktur Sekretariat Nasional AKSANSI (Asosiasi KSM/KPP Sanitasi Seluruh Indonesia) memberikan dukungan atas inovasi yang telah dilakukan DPUPR Kabupaten Kendal.(Win).