Ayah Alami Luka Bakar 50 %, Anaknya 7 Tahun Luka Bakar Pada Bagian Perut dan Tangan

*Tak Terima Hendak Dicerai Istri, Nekad Lakukan Aksi Bakar Diri

BOSTHOMSON, KENDAL – Erik Permana warga Kelurahan Langenharjo, nekad melakukan aksi bakar diri dengan turut menyertakan anaknya. Aksinya dilakukan karena tak terima hendak dicerikan istrinya. Akibatnya, sang ayah mengalami luka bakar cukup parah. Sedangkan ASR anaknya yang berusia 7 tahun mengalami luka bakar pada bagian perut dan tangan. Oleh mertuanya, keduanya dilarikan ke RSUD Suwondo Kendal, untuk mendapatkan perawatan.

Anak pelaku bakar diri, ASR sedang menjalani perawatan di RSUD Suwondo. Tamp[ak berbaring di kamar ruang perawatan dengan tampak terlihat terbalut perban pada bagian tubuh, lengan dan tangannya. Kondisinya cukup stabil. Sedangkan ayahnya Erik Permana harus menjalani operasi akibat luka bakar yang lebih parah.

“Kondisi luka bakar ayahnya lebih parah sekitar 50%. Harus menjalani operasi,” kata Humas RSUD Soewondo dr Muhammad Wibowo, Senin (14/6/2021).

Aksi bakar diri yang dilakukan pelaku dengan mengajak anaknya diduga dipicu masalah keluarga. Rumah tangga yang dibangun 7 tahun mulai renggang saat istrinta Ernawati bekerja sebagai TKW di Hongkong. Adik ipar pelaku Fitri mengatakan, kakaknya berniat menceraikan suaminya, alasan pastinya ia tidak tahu.

“Dia (Erik) tidak terima dengan keputusan kakak dan bersama anaknya datang ke rumah mertua di Desa Kartika Jaya Patebon. Saat datang sudah bawa botol berisi bahan bakar minyak,” katanya.

Fitri menyatakan, sebelum aksi bakar diri itu dilakukan, suami dari kakaknya itu kemudian berteriak dengan mengancam akan meakukan bakar diri dan meminta mertuanya untuk mencabut gugatan cerai. Sembari memeluk anaknya pelaku menyiramkan bahan bakar minyak ketubuhnya.

“Erik yang sudah menyiramkan bensin meminta mertuanya untuk menghubungi anaknya dan mencabut tuntutan cerai,” ungkapnya.

Pelaku lalu menyalakan korek api dan langsung menyambar tubuhnya yang sudah tersiram bensin. Api dengan cepat membakar tubuh pelaku dan anaknya, beruntung mertuanya sigap dengan menarik tubuh pelaku dan anaknya yang terbakar. Api berhasil dipadamkan dan pelaku beserta anaknya dilarikan ke rumah sakit.

Kasat Reskrim Polres Kendal AKP Tri Agung Suryomicho membenarkan adanya aksi bakar diri yang dilakukan seorang ayah denan melibatkan anaknya tersebut. Motif masih dalam pemeriksaan polisi namun dugaan sementara karena sakit hati akan diceraikan istrinya.

“Masih dalam pemeriksaan karena pelaku mengalami luka bakar. Hanya dari keterangan saksi dugaanya sakit hati karena akan diceraikan istrinya yang kerja di luar negeri,” katanya. (*)

Editor: Abi Zhaf