Petugas dan warga binaan Lapas Terbuka Kendal mengikuti tes PCR dan Swab Antigen, yang digelar di Gedung Serba Guna Lapas Terbuka Kendal, Kamis (20/5/2021)

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Petugas Dan Seluruh Warga Binaan Lapas Terbuka Kendal Lakukan Tes PCR Dan Swab Antigen

BOSTHOMSON – Sebanyak 65 Petugas dan 17 warga binaan Lapas Terbuka Kendal mengikuti tes PCR dan Swab Antigen, yang digelar di Gedung Serba Guna Lapas Terbuka Kendal, Kamis (20/5/2021).

Kegiatan yangdilaksanakan hingga pukul 11.00 WIB tersebut berlangsung tertib dan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Menurut Kepala Lapas Terbuka Kendal Rusdedy, kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut koordinasi pihak Lapas Terbuka Kendal kepada Dinkes Kabupaten Kendal dan Satgas Covid-19 Kabupaten Kendal terkait adanya laporan mengenai pegawai lapas yang mengalami gejala covid-19.

“Kami melakukan koordinasi dengan Dinkes dan Satgas Covid-19 Kabupaten Kendal untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 Dilingkungan Lapas Terbuka Kendal pasca lebaran, mengingat terdapat 5 Orang pegawai kami yang dilaporkan mengalami gejala mirip covid-19 ,” ungkapnya.

Kegiatan tes PCR dan Swab Antigen yang bekerja sama dengan pihak Puskesmas Patebon I tersebut, dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19  dilingkungan Lapas Terbuka Kendal.

“Tes PCR dilakukan kepada 16 warga binaan dan empat pegawai. Sedangkan swab antigen diberikan kepada lima pegawai. Selain itu 57 pegawai dilakukan swab antigen secara mandiri,” papar Rusdedy.

Kalapas mengatakan dari hasil pelaksanaan swab antigen kepada lima pegawai sementara dinyatakan negatif dari Covid-19.

“Sedangkan hasil dari tes PCR akan diketahui dua hari kedepan,” tandas Kepala Lapas Kendal.

Rusdedy juga dengan tegas mewajibkan semua pegawai melakukan Swab Antigen, untuk mengetahui kondisi masing-masing pegawai.

“Rencananya akan diadakan Swab Antigen susulan kepada pegawai yang belum berkesempatan mendapat Swab Antigen pada kegiatan hari ini maupun pegawai yang belum melakukan Swab Antigen secara mandiri” tegas Kalapas.(Hans/Win)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *