Antisipasi Bencana, Kodim 0715/Kendal Gandeng Rotary Tanam 2.000 Pohon Cemara Di Pantai Kemangi

BOSTHOMSON, KENDAL – Untuk mencegah terjadinya abrasi, Kodim 0715/Kendal bersama Rotary Club Of Semarang Kunthi menggelar acara Penghijauan Penanaman 2000 bibit pohon Cemara Laut di Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, Jumat (21/1/2022).

Acara yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii dihadiri Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo, Danramil 05/Cepiring, Kapten Inf Siswanto, Kepala Desa Jungsemi, Dasuki, Presiden Rotary Club Of Semarang Kunthi, Ita Dewi serta masyarakat sekitar.

Dandim 0715/Kendal mengatakan kegiatan penanaman pohon cemara laut merupakan salah satu cara dalam mencegah bencana serta menjaga lingkungan. Menurutnya dengan banyaknya pohon cemara laut bisa menahan air laut sehingga bisa mengurangi dampak jika terjadi bencana seperti tsunami.

“Ini merupakan bagian tugas dari Kodim/0715 Kendal, dimana ini bisa memelihara lingkungan. Selain itu bisa mencegah bencana yang saat ini sering terjadi di pantai yaitu tsunami. Dengan adanya pohon cemara ini bisa menahan air jika kedepan terjadi bencana alam,” ujar Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii.

Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0715/Kendal dan Rotary Club Of Semarang Kunthi yang telah menyelenggarakan acara penanaman pohon cemara di PIK. Dirinya berharap bibit pohon yang telah ditanam bisa dirawat dan dijaga dengan baik agar memberikan manfaat terutama untuk pengembangan PIK.

“Saya titipkan kepada Bapak Kepala Desa dan dan seluruh masyarakat Desa Jungsemi, mari kita jaga kita rawat, karena penanaman pohon ini selain bisa mencegah abrasi juga akan memberikan manfaat seluas-luaskan kepada masyarakat terutama di Pantai Indah Kemangi ini,” kata Ardhi.

Pada kesempatan tersebut di serahkan sebanyak 2000 bibit pohon cemara laut secara simbolis dari Dandim 0715/Kendal dan Presiden Rotary Club Of Semarang Kunthi kepada Kepala Desa Jungsemi.

Dandim 0715/Kendal bersama Rotary Club Of Semarang Kunthi menanam bibit pohon Cemara Laut di Pantai Indah Kemangi , Jumat (21/1/2022).
Dandim 0715/Kendal bersama Rotary Club Of Semarang Kunthi menanam bibit pohon Cemara Laut di Pantai Indah Kemangi , Jumat (21/1/2022).

Kepala Desa Jungsemi, Dasuki menuturkan dengan adanya penanaman pohon ini bisa menambah penghijauan sehingga meminimalisir abrasi serta untuk kepentingan pariwisata

“Jadi ini memang sangat banyak sekali manfaatnya untuk warga Desa Jungsemi, saya selaku Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih atas bhakti sosial yang dilakukan oleh Kodim dan Rotary ini. Mudah-mudahan ini bisa membawa manfaat bagi kita semua,” tutur Dasuki.

Sementara itu Presiden Rotary Club Of Semarang Kunthi, Ita Dewi menjelaskan Rotary merupakan organisasi kemanusiaan. Kegiatan penghijauan penanaman pohon ini adalah salah satu program dari tujuh area fokus terutama tentang lingkungan.

“Sebelumnya Rotary Semarang telah bekerjasama dengan Kodim Kendal untuk melakukan penanaman mangrove di Desa Kartika Jaya Patebon. Harapannya apa yang kita lakukan ini berguna untuk menjaga lingkungan sekitar pantai,” ungkapnya.(Win).