Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Ajak Semua Elemen Masyarakat Berperan Dalam pembangunan Jawa Tengah

BOSTHOMSON, KENDAL – Keterlibatan masyarakat pada pembangunan daerah sangat penting, salah satu caranya adalah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Mayarakat diharapkan bisa berperan aktif dalam menyampaikan usulan – usulan pada perencanaan pembangunan di daerah.

Hal ini disampaikan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah saat mengisi Dialog Radio di 93,9 Fm Radio Bos Thomson kendal, Sabtu (19/3/2022) dengan tema “Saatnya Masyarakat Berperan Dalam Pembangunan jawa Tengah”.

Hadir sebagai narasumber pada dialog tersebut diantaranya Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Komisi B, Yusuf Hidayat, Anggota Komisi C, Mifta Reza dan Anggota Komisi B, Dyah Kartika Permanasari.

Anggota DPRD Provinsi Komisi B, Yusuf Hidayat mengatakan saat ini mulai tanggal 28 Februari – 04 April 2022, masyarakat Jawa Tengah termasuk kelompok perempuan, anak, dan penyandang disabilitas bisa menyampaikan usulan –usulan seperti perbaikan jalan desa, pembangunan talud sawah, pengadaan bibit, pupuk, benih, pemberdayaan kelompok budaya, kegiatan kebudayaan dan lain lain.

“Jadi semua warga indonesia itu berhak memberikan usulan untuk kemajuan pembangunan. Sekarang juga ada cara mudah melalui internet, masuk ke laman bit.ly/rembuganmasyjateng, caranya isi data diri, ketik usulan anda, lalu simpan,” ungkap Yusuf.

Anggota DPRD Provinsi Komisi B, Dyah Kartika Permanasari menambahkan setiap masyarakat perorangan maupun kelompok bisa terlibat langsung menyampaikan usulan melalui rapat tingkat RT maupun RW yang selanjutnya akan diajukan pada Musrenbang Desa.

“Memang kalau dimulai dari proses awal setiap masyarakat bisa terlibat langsung dari rapat-rapat RT/RW di Musrenbangdes. Atau bisa melalui online tadi bagi masyarakat yang tidak bisa terlibat langsung. Jadi jangan ragu semua masyarakat bisa berperan aktif untuk pembangunan di daerahnya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa tengah Komisi C Mifta Reza menuturkan pemerintah daerah dan anggota DPRD Kabupaten/Kota juga mempunyai peran yang penting dari sisi kelembagaanuntuk melibatkan masyarakan dalammusrenbang.

“Peran lembaga dalam hal ini pemerintah daerah maupun DPRD Kabupaten atau kota ini mutlak harus melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk menuju pemerintahan yang lebih baik,” tukasnya.

Mifta menambahkan masyarakat dapat aktif memberikan masukan dalam Musrenbang Jateng 2022 melalui kanal yang sudah disiapkan, yakni di kanal jatengprov.go.id/masukanrkpd2020 dan kanal rembugan.jatengprov.go.id, setiap usulan pasti ditampung dan dipertimbangkan dalam penyusunan program kerja.(Win)