Anak Usia 6-11 Tahun Yang Belum Divaksin, Kodim Kendal Sediakan Poskes Untuk Melayani

BOSTHOMSON, KENDAL – Dalam rangka mendukung progam pemerintah untuk percepatan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, Kodim 0715/Kendal membuka Pos Kesehatan (Poskes) untuk vaksinasi anak di Klinik Pratama Kartika 18 yang berlokasi di sisi Barat Koramil 01 Kendal Kota.

Salah satu tenaga medis, dr Pramudita Widiastuti menerangkan, dibukanya layanan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun tersebut dilakukan, bersamaan dengan dimulainya vaksinasi anak yang dibuka Bupati Kendal Rabu (22/12/2021) lalu.

Untuk melayani setiap masyarakat yang datang membawa anaknya vaksinasi, Klinik Pratama Kartika 18 Kendal mensiagakan 6 tenaga medis dalam setiap harinya.

“Vaksinasi di sini terbuka untuk semua masyarakat Kendal. Namun saat ini, kami fokus melayani vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, Alhamdulillah, sejak dibuka untuk vaksinasi anak, antusias masyarakat cukup baik. Setiap hari, kami bisa melayani vaksinasi dua puluhan anak,” terangnya, Jumat (24/12/2021).

Pramudita mejelaskan, bagi masyarakat yang menginginkan vaksin dapat langsung membawa putra-putrinya datang langsung ke klinik dengan membawa kartu keluarga (KK).

“Persyaratan hanya berupa KK yang dibawa, dan dapat digunakan sebagai sarana saat pendaftaran,” jelasnya.

Setelah proses pendaftaran, lanjut Pramudita, pihaknya juga melakukan tahapan skrining sebelum menyuntikkan vaksin.

“Nanti setelah divaksin, yang bersangkutan juga kita lakukan observasi seperti pada umumnya. Jika 15-30 menit tidak terjadi apa-apa, ya kita langsung persilahkan bisa pulang,” terangnya.

Pramudita menambahkan, semua anak yang berusia 6-11 tahun bisa mengikuti vaksinasi ini, asalkan anak dalam kondisi sehat dan tidak dalam kondisi batuk pilek serta dalam jarak dua Minggu sebelum mengikuti vaksinasi tidak divaksin dengan vaksin lain.

“Vaksinasi anak ini akan terus kita buka tiap hari mulai Senin-Jumat, sejak pukul delapan pagi hingga satu siang. Kita buka terus selama persediaan vaksin masih ada,” imbuhnya.

Sebelumnya Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii pada acara vaksinasi anak yang diselenggarakan di Agro Wisata Tirto Arum Baru Kendal, Rabu (22/12/2021) mengatakan, adanya vaksinasi anak diharapkan mampu meningkatkan kekebalan imunitas komunal (herd immunity) terhadap Covid-19 bagi anak-anak di Kabupaten Kendal.

Dandim mengaku, pihaknya mendukung kegiatan Wisata Vaksin ini, yang bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 kepada anak-anak di Kabupaten Kendal.

“Pastinya, kami mendukung pelaksanaan vaksinasi ini. Agar dalam pembelajaran tatap muka, bisa meminimalisasi penularan Covid-19 di sekolah atau satuan pendidikan. Selain itu untuk mempercepat tercapainya herd immunity,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut penuturan Susanti, salah seorang ibu rumah tangga, warga Kendal yang mengantarkan anaknya mengikuti vaksinasi, dirinya merasa bersyukur bisa mengikutkan anaknya vaksinasi.

“Saya dapat kabar dari tetangga kalau di klinik sini buka vaksinasi anak. Gratis tanpa biaya. Kemudian saya ajak anak saya ikut vaksin disini,” ungkap Susanti. (Hans).

Keterangan Foto : Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii