Ketua Komisi A DPRD Kendal Temani Dirut PT Sari Tembakau Harum, Salurkan Bantuan Kepada Lindawati

BOSTHOMSON, KENDAL – Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama di masa pandemi, PT Sari Tembahau Harum Kendal, menyalurkan bantuan kepada Lindawati (29), warga Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari, yang menderita infeksi tulang dan membutuhkan biaya untuk menopang hidup sehari-hari.

Direktur PT Sari Tembakau Harum Kendal, Warih Sugriyanto didampingi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kendal, Munawir mendatangi rumah Lindawati di RT 2 RW 4, Desa Tambaksari Kecamatan Rowosari, untuk menyerahkan bantuan, Jumat (5/11/2021).

Bantuan berupa paket sembako dan uamg tunai tersebut diserahkan langsung oleh Warih besama sang istri, juga perwakilan Pengurus Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Sari Tembakau Harum.

Diketahui, selama dua tahun, Lindawati, ibu satu anak berusia 2,5 tahun ini menjalani hidup dengan satu tangan. Ia divonis menderita infeksi tulang dan harus diamputasi.

Lindawati saat mengungkapkan penyakit yang diderita kepada Dirut PT Sari Tembakaui Harum Kendal dan Ketua Komisi A DPRD Kendal
Lindawati saat mengungkapkan penyakit yang diderita kepada Dirut PT Sari Tembakaui Harum Kendal dan Ketua Komisi A DPRD Kendal

Lindawati sekeluarga bersama ibunya, Jumi hidup adalah termasuk dalam golongan keluarga kurang mampu. Suami Lindawati sendiri bekerja sebagai karyawan di salah satu rumah makan di Kota Semarang.

Selama ini dia harus bolak-balik Kendal-Solo untuk rutin mengontrolkan penyakitnya. Karena meski sudah diamputasi, namun menurut Lindawati, dokter harus mengontrol terus perkembangan penyakit yang dideritanya.

“Ya karena di bekas amputasi masih ada tumbuh benjolan. Jadi saya harus rutin memeriksakan di rumah sakit dr Moewardi Solo,” ungkap Lindawati.

Usai menerima bantuan sembako dan uang tunai dari PT Sari Tembakau Harum, Lindawati didampingi ibunya, mengucapkan terima kasih atas pemberian bantuan.

“Saya ucapkan terima kasih atas penyaluran bantuan ini. Terima kasih pak Warih dan ibu, beserta jajarannya. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada pak Kaji Nawir,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sari Tembakau Harum, ‎Warih Sugriyanto mengatakan, tujuan pemberian bantuan ini, sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada warga yang kesusahan dan membutuhkan bantuan di masa pandemi.

“Ya kebetulan pak Haji Nawir sahabat saya pernah memberikan bantuan kepada mbak Lindawati, saya langsung menghubungi beliau untuk diberitahu lokasi rumah mbak Lindawati ini dan hari ini saya bersama istri, beserta pengurus SPSI berkunjung untuk menyerahkan bantuan,” ujarnya.

Lindawati berfoto bersama Ketua Komisi A DPRD Kendal, Munawir dan Dirut PT Sari Tembakau Harum Kendal, Warih Sugriyanto
Lindawati berfoto bersama Ketua Komisi A DPRD Kendal, Munawir dan Dirut PT Sari Tembakau Harum Kendal, Warih Sugriyanto

Dirinya berharap, bantuan yang disalurkan bisa bermanfaat dan bisa meringankan beban Lindawati bersama keluarganya.

“Kegiatan sosial seperti ini sudah biasa dilakukan oleh karyawan kami. Mereka secara sukarela, mengumpulkan apa saja  setiap seminggu sekali. Ada berupa uang, sembako ada makanan dan minuman, ada baju bekas, pokoknya apa saja yang masih layak untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Warih usai menyerahkan bantuan kepada Lindawati.

Tambahan statmen warih mas,

Warih menambahkan, meski tidak banyak hal yang dilakukan, melalui aksi kecil sosial ini, dirinya berharap bisa bermanfaat bagi sesama.

“Di masa Covid ini, kami juga menyalurkan bantuan kepada tempat isolasi mandiri terpusat di balai-balai desa kemarin. Selain itu dari 1.200 karyawan kami, 100 persennya sudah difasilitasi progam vaksinasi,” ungkapnya.

Sementara itu Munawir mengucapkan terima kasih atas kepedulian manajemen PT Sari Tembakau Harum yang sudah memberikan bantuan kepada Lindawati dan keluarganya.

Pada kesempatan itu, Munawir juga mengungkapkan keinginannya, agar warga yang menyandang disabilitas bisa difasitasi untuk bisa bekerja di PT Sari Tembakau Harum Kendal.

“Alhamdulillah apa yang saya sampaikan agar para penyandang disabilitas bisa bekerja, disambut baik oleh Pak Warih. Dan bahkan beliau sudah memberikan kuota untuk pekerja penyandang disabilitas. Terima kasih pak Warih,” ungkap Ketua Komisi A DPRD Kendal tersebut.

Salah satu Pengurus Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) di PT Sari Tembakau Harum Cepiring Kendal, Nana Khumainatun Nasikha mengatakan, pihaknya membuat program Jumat Berkah Barokah (JBB) dan Gebrakan Sosial Sari Tembakau Harum (GSS) dengan slogan “Dari Kita Untuk Semua, Senyum Mereka Kebahagiaan Kita”.

“Jadi setiap hari Jumat kan kita gajian, lha sebagian kita sisihkan penghasilan kita secara sukarela, seikhlasnya dalam kotak di tim JBB. Kemudian untuk sedekah barangnya ada yang mengkordinir di tim sedekah barang,” ungkap Nana.

Selain menyalurkan bantuan langsung, gebrakan sosial karyawan ini juga menyalurkan bantuan kepada warga di sekitar rumah karyawan yang membutuhkan bantuan.

“Untuk penyaluran, SPSI PT Sari Tembakau Harum Kendal sudah menjadwalkan. Per bulan ada minimal ada 15 bingkisan sembakau dan uang, yang diantar team dan management tiga orang yang dipilih,” terang Nana.

Sedangkan program Jumat Berkah Barokah, pihaknya melihat data yang dikumpulkan oleh para karyawan khususnya untuk warga yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan di sekitar rumahnya dan diantarkan oleh karyawan.

“Jadi bantuan tersebut bisa kami titipkan kepada karyawan, untuk diserahkan kepada tetangga atau warga sekitar rumah karyawan yang membutuhkan bantuan,” imbuh Nana.

“Prinsip utama kami berbagi kepada sesama yang benar-benar membutuhkan. Dan memastikan bahwa penyaluran bantuan tepat sasaran dan diterima oleh yang berhak,” pungkasnya.

PT Sari Tembakau Harum di Kendal, pertama kali berdiri 9 November 2006, yang berlokasi di Cepiring, Kendal, tersebut merupakan salah satu dari 38 mitra produksi sigaret (MPS) produsen rokok PT HM Sampoerna Tbk yang tersebar di berbagai wilayah. (Hans).