Lapas Terbuka Kendal Gelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik

BOSTHOMSON,KENDAL – Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Kemenkumham 2021, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal, menggelar Lomba Karya Jurnalistik kepada awak media, yang bekerja di wilayah Kendal dan sekitarnya.

Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy mengatakan, katagori yang dilombakan meliputi pelayanan, sarana dan prasarana lapas, serta aktivitas atau kegiatan di lapas.

“Ya dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika Kemenkumham 2021 ini, Lapas Terbuka menggelar acara lomba karya tulis jurnalis dengan peserta dari wartawan yang bertugas di Kendal, Semarang dan sekitarnya,” terangnya, Sabtu (23/10/2021).

Rusdedy juga menjelaskan, untuk jenis tulisan yang dilombakan, adalah naskah beserta foto yang berbentuk feature atau berita yang tidak langsung.

Dipilihnya feature, karena menurutnya, feature salah satu jenis tulisan jurnalistik berisi perpaduan berita dan opini, dengan gaya bercerita (story telling) mengandung unsur menyentuh (human interest) dan bahasa yang indah (sastrawi).

“Jadi Feature umumnya mengandung sisi human interest, yakni memberikan penekanan pada fakta-fakta yang dianggap mampu menggugah emosi seperti menghibur, memunculkan empati, dan keharuan. Jenis feature yang kerap muncul di media massa adalah feature berita yang mengungkap sisi lain sebuah peristiwa aktual dan terikat pada unsur waktu tertentu,” jelas Rusdedy.

Untuk itu dirinya mengajak mitra dari Lembaga Pemasyarakatan yakni para awak media yang bertugas di wilayah Kendal, Semarang dan sekitarnya. Untuk ikut meramaikan Hari Dharma Karya Dhika Kemenkumham 2021 ini.

“Kita sudah bermitra lama dengan para awak media, dalam rangka mempublikasikan kegiatan atau aktivitas Lapas, termasuk sarana dan prasarananya,” ungkap Kalapas Terbuka Kendal.

Disebutkan, untuk memberikan semangat dan penghargaan kepada para peserta, nantinya para peserta yang membuat tulisan bagus dan dinilai oleh dewan juri, dirinya akan memberikan hadiah yang menarik kepada para pemenang.

“Juara pertama kita berikan hadiah uang tunai sebesar Rp 3 juta, juara kedua sebesar Rp 2 juta dan juara ketiga sebesar Rp 1 juta. Kepada para pemenang kami juga berikan penghargaan,” papar Rusdedy.

Terkait dengan pelaksanaan dirinya juga menjamin independensi dalam penilaiannya. Hal itu menurut Rusdedy, dikarenakan ada lima juri yang akan menilai tulisan para peserta.

“Dewan juri terdiri dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Tokoh Masyarakat, perwakilan dari Pengurus PWI Jawa Tengah dan perwakilan dari unsur wartawan,” ujarnya.

Untuk naskah tulisan nantinya yang akan dinilai adalah aspek bahasa jurnalistik, aspek struktur penulisan berita, aspek analisa yang mengandung pesan dalam tulisan dan aspek foto.

“Yang jelas dalam penulisan bisa memuat W5 H1, serta memperhatikan kaidah dan kode etik jurnalstik,” imbuh Rusdedy.

Sebagai penutup dirinya menyebut, untuk tulisan yang dikirim, diketik di MS Word, dengan ketentuan jumlah kata minimal 600.

“Materi naskah tulisan dan foto bisa dikirim ke admin kami melalui email, lpt.kendal@gmail.com. untuk dilakukan seleksi. Setelah kami seleksi, baru nanti kami ajukan ke dewan juri untuk dinilai,” pungkasnya. (Hans)