3.290 Baju Hazmat Diserahkan Ke Pemkab Kendal Dari Peusahaan Garment Semarang

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal kembali menerima bantuan, berupa baju Hazmat atau Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 3.290 pcs dari PT Bina Busana Internusa (PT Triputra Group) Semarang.

Penyerahan bantuan sarana pendukung Tenaga Kesehatan (Nakes) yang menangani Covid-19 kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, di Rumah Sakit Darurat Covid-19, Selasa (30/3/2021).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kendal, Budi Mulyono mengatakan, sebanyak 26 kardus karton baju hazmat tersebut, akan segera disalurkan ke rumah sakit, RSDC, dan semua pusekesmas yang ada.

Dijelaskan, saat ini stok APD nakes Covid-19 Kendal sudah semakin menipis.

“Sehingga, bantuan yang ada bakal dimanfaatkan segera mungkin untuk melindungi para nakes dalam menjalankan tugasnya,” jelas Budi.

Menurutnya, bantuan ini sangat berarti, karena tenaga kesehatan masih terus melakukan tracing.

“Mereka juga masih merawat pasien Covid-19. Kebetulan stok APD di Kendal menipis, dan ini langsung akan kami gunakan,” terangnya usai menerima bantuan.

Menurut Budi, saat ini RSDC Kendal masih membutuhkan 30 baju hazmat setiap harinya.

“Jumlah tersebut digunakan untuk merawat sembilan pasien Covid-19 dengan tiga kali shift,” ujarnya.

Sementara kebutuhan baju hazmat di seluruh pelayanan kesehatan di Kendal mencapai lebih dari 100 pcs per hari.

“Itu tergantung pada mobilitas tenaga kesehatan puskesmas dalam melakukan tracing Covid-19,” kata Budi.

Ditambahkan, bantuan tersebut akan dikombinasikan dengan bantuan masker bedah dan handsanitizer dari Singapura yang rencananya akan didistribusikan pada pekan ini.

Budi pun merasa bersyukur, saat ini angka Covid-19 ada penururunan.

“Alhamdulillah penyebaran Covid-19 di Kendal saat ini sudah melandai. Di RSDC saja tinggal 9 pasien yang dirawat, secara keseluruhan sudah membaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Personalia Sub Departement Head PT Bina Busana Internusa, Yanuar Seto Charisna mengatakan, pihaknya tergerak untuk membantu para nakes di Kendal dalam menjalankan tugas dengan memberikan baju pelindung.

“Kepedulian kami dengan memberikan baju hazmat untuk nakes Covid-19 di Kendal, lantaran hampir separo dari karyawannya adalah warga Kendal,” ungkapnya.

Dengan bantuan tersebut, pihaknya berharap bisa ikut serta membantu penanganan Covid-19 dan segera berakhir.

“Kami coba membantu, dan semoga bisa bermanfaat. Karena beberapa karyawan kami juga pernah dirawat oleh nakes Kendal,” pungkas Yanuar. (HS).